Indoor Cycling Melejit, Shimano Rilis Sepatu Khusus
by - August 21, 2019
Indoor Cycling Melejit, Shimano Rilis Sepatu Khusus
by MainSepeda - August 21, 2019

Tren indoor cycling terus melejit. Aplikasi-aplikasi seperti TrainerRoad, Zwift, dan Sufferfest terus mendorong perkembangan industri. Smart trainer seperti Wahoo, Tacx, JetBlack, dan lain-lain sekarang seperti wajib dimiliki oleh penghobi sepeda.

Belakangan, mulai muncul aksesori khusus untuk ini. Seperti jersey khusus indoor, bibshort khusus indoor. Dan sekarang, pemain utama industri sepeda, Shimano, merilis sepatu sepeda khusus indoor!

Perusahaan Jepang itu merilis dua varian. Yaitu IC5 dan IC3. Nama “IC” tentu kependekan dari “indoor cycling.”

Shimano IC5.

Tentu saja, sepatu itu dibuat untuk memenuhi kebutuhan bersepeda di dalam ruangan, yang sangat beda dengan di alam bebas. “Musuh” utamanya adalah panas dan keringat yang mengalir deras, bukan tingkat kekakuan atau aerodinamika.

Lihat saja, baik IC5 maupun IC3 dibuat dengan materi sangat “bernafas” di bagian upper (atas) pembungkus kaki.

Shimano IC3.

Tipe IC5 merupakan yang lebih “performance.” Bentuknya lebih mirip sepatu sepeda normal, dan kekakuan solnya dibuat untuk keseimbangan antara kenyamanan dan kekakuan.

Shimano IC5.

Sedangkan IC3 lebih mirip sepatu kasual.

Shimano memutuskan keduanya menggunakan sistem SPD, alias cleat model MTB. Menurut Shimano, ini supaya sepatu fleksibel dipakai di trainer di rumah, atau saat ikut spin class di gym atau pusat kebugaran. Kalau di pusat-pusat kebugaran, kemungkinan memakai SPD lebih besar.

Sistem SPD, alias cleat model MTB.

Menariknya lagi, Shimano tampaknya lebih fokus ke perempuan. Itu bisa dilihat dari ukuran sepatu yang disediakan. Yaitu 36 hingga 44. Kepada cyclist laki-laki yang big foot, maaf, Anda masih harus pakai sepatu sepeda “biasa” untuk latihan indoor! (mainsepeda)

 

Shimano IC3.

 

 


COMMENTS