Caleb Ewan Menang Sprint Lagi di Nimes

Sprinter mungil Australia, Caleb Ewan, berhasil meraih kemenangan keduanya di Tour de France 2019, Selasa (23 Juli). Peluru andalan Lotto-Soudal itu meroket mengagumkan di penghujung Etape 16, yang berlangsung 177 km dari Nimes dan kembali ke Nimes.

Seolah sempat tertinggal sekitar 500 meter sebelum finis, Caleb Ewan tancap gas dari sisi kiri “kereta” sprinter. Dia menang tipis atas para superstar sprinter lain. Elia Viviani (Deceuninck-QuickStep) finis kedua, Dylan Groenewegen (Jumbo-Visma) ketiga, dan Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) keempat.

“Adalah sebuah mimpi untuk memenangi satu etape di sini (Tour de France). Sekarang saya telah memenangi dua. Sulit dipercaya,” kata Ewan, yang berdarah Korea.

Pembalap 25 tahun itu menambahkan, dirinya tak menyangka bisa finis di barisan depan. Panasnya cuaca, yang menyentuh 40 derajat Celcius, membuatnya benar-benar sengsara. “Jujur, saya merasa sangat buruk hari ini. Panas benar-benar mempengaruhi saya,” aku pembalap 165 cm tersebut.

Walau berakhir “normal” dengan bunch sprint, drama tetap mewarnai etape yang masuk kategori datar ini. Semestinya, etape seperti ini adalah etape “istirahat” bagi para climber, khususnya mereka yang bersaing di barisan teratas general classification (GC).

Namun, cepatnya lomba, serta sengitnya perebutan posisi nyaman di tengah peloton, sempat membuat beberapa bintang jatuh.

Sang juara bertahan, Geraint Thomas (Team Ineos), sempat jatuh saat etape baru berlangsung 47 km. Untung dia hanya luka-luka ringan dan mampu melanjutkan lomba.

Nasib lebih apes dialami bintang Astana, Jakob Fuglsang. Pembalap Denmark itu terjatuh bersama beberapa pembalap lain hanya 27 km sebelum finis. Alhasil, dia mengalami cedera cukup parah dan harus mundur dari Tour de France ini.

Padahal, sebagai juara lomba pemanasan Criterium du Dauphine, Fuglsang termasuk unggulan juara overall. Memasuki Etape 16 ini, Fuglsang berada di urutan sembilan GC. Betapa menyedihkannya!

Setelah Etape 16 yang datar, Rabu ini (24 Juli) peloton akan “dipanasi” dengan etape berbukit. Jarak 200 km dari Pont du Gard ke Gap akan melewati beberapa tanjakan pendek. Tidak cukup panjang untuk merangsang persaingan GC, tapi cukup membuka peluang untuk terjadi “jebakan” menyakitkan.

Di atas kertas, seharusnya para unggulan GC akan hati-hati lagi Rabu ini. Mengingat ada tiga etape gunung tinggi berturut-turut menyusul kemudian!

Sementara bagi para sprinter, harapan menang lagi baru akan muncul pada hari terakhir lomba. Yaitu Etape 21 di jalanan Champs-Elysees, Paris, Minggu, 28 Juli nanti. (mainsepeda)

Hasil Etape 16 Tour de France 2019 (Top Ten)

1. Caleb Ewan (Australia) Lotto Soudal 3:57:08

2. Elia Viviani (Italia) Deceuninck-QuickStep

3. Dylan Groenewegen (Belanda) Team Jumbo-Visma

4. Peter Sagan (Slovakia) Bora-Hansgrohe

5. Niccolò Bonifazio (Italia) Total Direct Energie

6. Michael Matthews (Australia) Team Sunweb

7. Matteo Trentin (Italia) Mitchelton-Scott

8. Jasper Stuyven (Belgia) Trek-Segafredo

9. Alexander Kristoff (Norwegia) UAE Team Emirates

10. Andrea Pasqualon (Italia) Wanty-Gobert

General Classification usai 16 dari 21 Etape

1. Julian Alaphilippe (Prancis) Deceuninck-QuickStep 64:57:32

2. Geraint Thomas (Inggris) Team Ineos 0:01:35

3. Steven Kruijswijk (Belanda) Team Jumbo-Visma 0:01:47

4. Thibaut Pinot (Prancis) Groupama-FDJ 0:01:50

5. Egan Bernal (Kolombia) Team Ineos 0:02:02

6. Emanuel Buchmann (Jerman) Bora-Hansgrohe 0:02:14

7. Mikel Landa (Spanyol) Movistar Team 0:04:54

8. Alejandro Valverde (Spanyol) Movistar Team 0:05:00

9. Rigoberto Uran (Kolombia) EF Education First 0:05:33

10. Richie Porte (Australia) Trek-Segafredo 0:06:30

Foto : Bettini Photo dan Getty Images

 

 


COMMENTS