Lakukan Pengecekan Ini sebelum Bersepeda (Hanya Butuh Satu Menit)
by - April 23, 2019

Kadang kita tergesa-gesa ingin segera gowes. Kadang kita lupa satu-dua hal kecil, dan itu kadang bisa memberi konsekuensi berbahaya. Karena itu, biasakan melakukan beberapa pengecekan sederhana sebelum mulai mengayuh secara serius. Hanya butuh waktu satu menit, tapi bisa menyelamatkan Anda!

Daftar pengecekan ini didapat dari pengalaman banyak turing ke luar negeri. Perusahaan-perusahaan bike tour selalu menekankan guide-nya untuk memastikan semua sepeda dalam keadaan layak dikendarai. Sekali lagi, demi keselamatan.

Setiap kali akan mulai gowes, semua peserta diminta bersiap dengan sepedanya. Masih berdiri dengan dua tangan di handlebar, dan kedua kaki di sisi kanan dan kiri. Lalu, lakukan pengecekan ini:

1. Pastikan tali helm terkait aman dan nyaman.

2. Tekan handlebar ke bawah dengan kedua tangan. Pastikan baut di stem tidak kendur. Handlebar dan stem yang kendur sangat berbahaya!

3. Cek ban depan dan belakang, pastikan terpompa dengan benar.

4. Saat duduk di sadel, tekan ke bawah, pastikan seatpost sudah dibaut kencang.

5. Tarik tuas rem depan dan belakang, pastikan semua berfungsi baik. Kalau pakai rim brake, cek juga ketebalan karet rem dan keseimbangan kanan-kirinya.

6. Kalau pakai Garmin atau GPS lain, pastikan sudah connect dengan baik. Kalau pakai power meter, pastikan sudah terkalibrasi.

7. Kalau pakai clipless pedal, pastikan kondisi cleat Jangan sampai gowes memakai cleat yang hampir lepas/rusak.

Semua ini hanya butuh satu menit. Dan hanya butuh beberapa menit lagi kalau memang ada masalah. Semua dalam kondisi baik? Silakan kayuh pedal Anda. Nikmati bersepeda yang aman dan nyaman! (mainsepeda)

 


COMMENTS