Fuego Flats: Rute Datar Baru di Zwift Watopia
by - April 20, 2019
Fuego Flats: Rute Datar Baru di Zwift Watopia
by MainSepeda - April 20, 2019

Ternyata bukan hanya di dunia nyata. Di dunia virtual pun, lebih banyak cyclist yang suka rute datar daripada rolling atau menanjak. Paling tidak, itulah yang terjadi di dunia Zwift, aplikasi sepeda virtual yang sedang booming di seluruh dunia.

Untuk mengakomodasi kebutuhan rute datar itu, Zwift pun memperkenalkan kawasan baru di sekitar Watopia, pulau fantasi yang menjadi jujukan utama bersepeda virtual. Rute baru itu berupa padang gurun, dan merupakan rute paling datar di seluruh kawasan yang ada di dalam Zwift.

Sekarang Anda bisa meng-update aplikasi Zwift, dan rute baru yang dinamai “Fuego Flats” itu langsung siap dilalui.

Secara umum, kawasan Fuego Flats ini memang untuk mereka yang malas menanjak. Tapi, menurut Eric Min, salah satu pencipta Zwift, rute baru ini memberi peluang untuk model latihan yang berbeda.

“Sebagai orang New York, secara pribadi saya lintasan New York (Central Park) yang naik-turun. Tapi, itu bukan rute yang mudah kecuali Anda tahu bagaimana dan di mana harus memaksakan diri. Kadang, kita ingin bersenang-senang di rute datar. Saya tahu ada banyak penggemar Zwift yang akan menikmati Fuego Flats, termasuk saya. Itu bukan hanya untuk para sprinter. Itu juga memberi peluang latihan baru untuk mereka yang menyukai triathlon dan time trial,” tutur Min.

Dengan hadirnya kawasan baru ini, di Watopia pun ada lima pilihan rute baru. Ada yang sama sekali baru, ada yang kombinasi antara rute baru dengan rute lama.

Berikut detailnya:

1. TEMPUS FUGIT (19,7 km, 32 meter)

Ini adalah rute 19 km paling datar di Zwift. Tempus Fugit artinya “time flies” atau waktu cepat terlewati. Benar-benar datar dan cepat, melintasi padang gurun kemudian berputar balik di kawasan Saddle Springs.

2. TICK TOCK (19 km, 59 meter)

Start dari Fuego Flats, lalu berputar searah jarum jam lewati padang gurun, turun ke Ocean Boulevard, dan kembali ke lokasi start di Fuego Flats.

3. OUT AND BACK AGAIN (42 km, 334 meter)

Start dari Fuego Flats, lalu mengitari padang gurun, lalu bergabung ke kawasan lama, berlanjut ke kawasan gunung berapi. Menanjak Volcano KOM sebelum kembali ke Fuego Flats.

4. BIGGER LOOP (53 km, 692 meter)

Salah satu pilihan rute paling populer di Watopia adalah “Big Loop,” di mana kita bisa berlatih menanjak Epic KOM yang lumayan panjang, lalu turun dan rolling di Jungle Circuit. Nah, di Bigger Loop, semua itu ada ditambah dengan rute datar panjang di Fuego Flats. Anda ingin rute dua jam yang tidak membosankan, ini opsinya!

5. THE UBER PRETZEL (128,2 km, 2.384 meter)

Inilah rute terpanjang baru di seluruh dunia Zwift. Pada dasarnya sama dengan Mega Pretzel, yang melewati hampir semua jalan di Watopia, ditambah berputar di Fuego Flats. Rute ini juga melewati dua tanjakan paling “dibenci” di Watopia. Yaitu Radio Tower dan Alpe du Zwift. Anda malas keluar rumah tapi ingin gowes berjam-jam tanpa henti, silakan coba rute ini. Mungkin perlu meja makan di sebelah sepeda dan monitor Anda! (mainsepeda)

 


COMMENTS