Celilo High Climber: Luar Kayu Dalam Karbon
by - April 04, 2019
Celilo High Climber: Luar Kayu Dalam Karbon
by MainSepeda - April 04, 2019

Banyak pilihan bahan untuk membuat frame sepeda. Paling sering adalah aluminium. Ada juga bahan cromoly. Ada juga titanium. Paling populer adalah bahan serat karbon kevlar.

Beberapa frame builder bermain-main dengan bahan anti mainstream. Ada yang menggunakan bambu atau kayu. Celilo Cycles dari Corvallis, Oregon yang digawangi oleh Scott Campbell ini memilih kayu oak asal Oregon.

Scott membuat frame sepeda gravel menggunakan kayu yang biasa digunakan untuk membuat kapal, kincir angin, bahkan rangka rumah kayu. Kayu oak ini mirip dengan jati. Mudah kering dan tidak menyerap air sehingga tidak lembab.

Frame gravel ini diberi nama The High Climber. Agar lebih kuat, Scott mengombinasikan dengan serat karbon di dalamnya. Untuk fork, dipasang milik Rodeo Labs (The Spork).

Karena peruntukannya adalah untuk gravel, Scott memberi ruang cukup besar untuk menggunakan ban hingga 45 mm. Atau maksimal 38 mm apabila dilengkapi fender.

Bottom bracket dipasang press-fit. Saat dipajang di North American Handmade Bicycle Show 2019 di Sacramento, California, Amerika Serikat lalu, Scott memasang grupset “gado-gado”. Shifter adopsi Shimano Di2, RD comot Shimano XT Di2 dan crank dipasang Shimano XTR 38/28. (mainsepeda)

 

 


COMMENTS