Rekor peserta menghebohkan North American Handmade Bicycle Show (NAHBS) 2019 di Sacramento, 15-17 Maret lalu. Total ada 210 partisipan, mengundang decak kagum ribuan pengunjung. Mengukuhkan ibu kota negara bagian California itu sebagai kota paling sukses bagi penyelenggara.

Ya, sejak 2012, Sacramento sudah tiga kali jadi tuan rumah NAHBS. “Show tahun ini mengkonfirmasi bahwa Sacramento selalu menjadi salah satu lokasi terbaik kami,” tegas Don Walker, seniman sepeda sekaligus penggagas dan presiden NAHBS.

Ada beberapa alasan mengapa Sacramento begitu atraktif untuk NAHBS, yang sudah 15 tahun berturut-turut diselenggarakan. Cuacanya hangat di bulan Maret, memudahkan komunitas sepeda untuk berbondong-bondong hadir.

“Ada banyak rombongan sepeda dari kota-kota terdekat seperti San Francisco dan San Jose. Grup-grup sekolah juga masyarakat sekitar. Juga pengunjung dari berbagai penjuru dunia. Energinya tidak mungkin lebih positif dari ini,” papar Walker.

Pada hari terakhir, Minggu, 17 Maret, Walker mengumumkan tanggal dan venue untuk NAHBS 2020. Lokasinya adalah Dallas, Texas, pada 20-22 Maret 2020.

Pada hari terakhir itu, diumumkan pula belasan pemenang penghargaan dalam berbagai kategori. Dan tahun ini, pemenang terbesar adalah No. 22 Bicycle Company.

Perusahaan yang kondang lewat produk titanium itu meraih dua penghargaan untuk road bike Aurora. Yaitu Campagnolo Best in Show, sepeda dengan komponen Campagnolo terbaik. Juga penghargaan paling bergengsi: Best in Show secara keseluruhan!

Sepeda Aurora ini memang spektakuler. Detailnya butuh berhalaman-halaman penjelasan untuk diceritakan secara utuh.

Secara garis besar: Sepeda ini memikat lewat sentuhan anodized pada pipa-pipa titaniumnya. Lalu berbagai detail warna pada stem, fork, serta bagian-bagian lain. Yang paling bikin kagum: Sepeda ini dilengkapi dengan fender yang juga terbuat dari titanium!

Bahwa sepeda ini lantas menang kategori Campagnolo juga membuat perusahaan itu super bahagia. “Ini merupakan sebuah pengakuan buat kami. Karena salah satu pendiri No. 22, Bryce (Gracey), punya sejarah pribadi dan sangat mencintai Campagnolo, yang menginspirasi lahirnya proyek (Aurora) ini,” komentar No. 22 lewat media sosial. (mainsepeda/habis)


COMMENTS