North American Handmade Bicycle Show (NAHBS) 2019 merupakan edisi ke-15. Sudah tiga kali pula Sacramento, California, menjadi tuan rumah sejak 2012. Setiap tahun, selalu saja ada karya-karya unik yang membuat orang geleng-geleng kepala (dan jatuh cinta).

Pada edisi 2019 ini, English Cycles kembali sangat memikat.

Namanya memang “English,” pendirinya bernama Rob English, dan dia memang berasal dari Inggris. Tapi English Cycles adalah merek Amerika. Berpusat di Eugene, Oregon. Karena Rob English tinggal di sana.

Walau mantan pembalap, English dikenal sebagai seniman sepeda yang suka bereksperimen. Di Sacramento, karyanya termasuk yang paling mengundang perhatian.

Sepeda berwarna biru muda cantik itu disebut sebagai “Project Right.” Mengapa? Karena sepeda ini memang hanya dibuat satu sisi, hanya sebelah kanan. Fork-nya hanya kanan. Seatstay hanya kanan. Chainstay hanya kanan.

Ini bukan kali pertama English membuat konsep ini. Tapi ini adalah pengembangan terakhirnya.

Sepeda ini single-speed, menggunakan belt drive. Tentu saja ini bukan sepeda normal yang lantas dipotong. Desainnya dari awal memang untuk hanya punya satu sisi. Frame dari bahan steel ini dirancang sedemikian rupa sehingga akhirnya tetap seimbang. Rob English mengklaim rasanya tetap seperti naik sepeda normal.

Yang paling keren dari Project Right ini, hub-nya adalah buatan mereka sendiri. Lantas, di bagian belakang, freewheel dan disc brake diletakkan di sebelah kanan, di luar chainstay. Dengan demikian, sepeda ini bisa menggunakan roda depan dan belakang yang sama.

Selain Project Right, English Cycles juga memperkenalkan Limited Edition 10th Anniversary Road Bike. Berwarna putih elegan, sepeda ini memang merayakan sepuluh tahun merek tersebut. Hanya sepuluh bakal dibuat, dengan custom geometri sesuai kebutuhan pembeli.

Sepuluh persen dari penjualan pun akan disumbangkan untuk perlindungan binatang. Ya, Rob English dan istri adalah pecinta binatang, dan menerapkan gaya hidup Vegan. Menurut situs merek ini, 40 persen karyawan di English Cycles adalah Vegan.

Walau namanya English, sepeda ulang tahun ini berusaha menggunakan komponen Amerika semaksimal mungkin. Kalau bukan buatan Amerika, sebisa mungkin merek Amerika. Walau ada beberapa komponen yang tidak tergantikan.

Contoh komponen: Fork karbon HIA Velo yang dibuat di Amerika.

Sepeda ini sangat khas English. Seatstay-nya hanya sebesar pensil (seperti gantungan baju). Kabarnya, sepeda ini langsung banyak laku. Memang sangat layak untuk jadi sepeda koleksi! (mainsepeda)

 


COMMENTS