Sprinter paling banyak menang di musim 2018, Elia Viviani, membuka ajang WorldTour 2019 juga dengan kemenangan. Pembalap Deceuninck-QuickStep itu berhasil mencuri etape pembuka Tour Down Under, di Port Adelaide, Selasa, 15 Januari.

Viviani, mengenakan seragam hijau-putih-merah sebagai juara nasional Italia, benar-benar menang coming from behind. Pada kilometer terakhir, saat menuju finis, dia seolah “terjebak” di sisi kiri peloton. Dia begitu dekat dengan pagar pembatas dan seperti terjepit.

Namun, menggunakan skill-nya sebagai pemegang medali emas ajang velodrome di Olimpiade Rio, Viviani mampu memasuki celah tipis dan melejit ke garis finis di depan.

Viviani menyalip Max Wlascheid (Team Sunweb) menjelang finis. Jakub Marecsko (CCC Team) finis di urutan ketiga. 

Sementara itu, dua unggulan lain sprint, Peter Sagan (Bora-Hansgrohe) dan Caleb Ewan (Lotto-Soudal) tak mampu banyak bersuara di kilometer terakhir. Mereka berada di kelompok depan tapi tidak menjadi faktor dalam adu sprint memburu kemenangan.

Kencangnya angin menjelang finis, khususnya head wind (angin dari depan) saat menuju finis, tampaknya menjadi faktor besar. Gara-gara angin ini pula pihak penyelenggara memangkas panjang etape. Seharusnya, ada satu putaran ekstra di kawasan Port Adelaide sebelum finis. Tapi putaran sepanjang 3,4 km itu dipangkas dengan alasan keselamatan. Total, etape ini hanya berlangsung 129 km.

Angin dari depan ini sepertinya juga membuat para sprinter, khususnya para unggulan, saling menunggu. Tidak ada yang mau duluan tancap gas, khawatir “dicuri” dari belakang.

Alhasil, adu sprint pun seperti berantakan. Tidak jelas siapa bakal menang. Viviani mampu menjadi yang paling cerdik, selamat dari ruang gerak sempit lalu melejit menang.

Dengan kemenangan ini, Viviani mampu menghapus kekecewaan pada kriterium pembuka Minggu lalu (13/1). Waktu itu, dia punya kans menang tapi terlibat dalam kecelakaan hanya dua tikungan sebelum finis. Caleb Ewan dan Peter Sagan finis-12 di Down Under Criterium tersebut.

Walau menjadi ajang pembuka, Down Under Criterium bukanlah masuk dalam kalender WorldTour resmi. Jadi, etape resmi pertama WorldTour 2019 tetap menjadi milik Viviani.

Etape kedua Tour Down Under 2019 juga diprediksi berakhir dengan bunch sprint. Jadi, Viviani punya kans untuk menambah koleksi kemenangan dan mempertahankan ochre jersey sebagai pemimpin general classification sementara.

Kabar terakhir, Etape 2 ini juga akan dipangkas 30 km. Penyebabnya adalah panas. Etape pertama saja suhu sempat menyentuh di atas 40 derajat Celcius! (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour Down Under 2019 (Sepuluh Besar)

1. Elia Viviani (Italia), Deceuninck-QuickStep 3 jam 19 menit 47 detik

2. Max Wlascheid (Jerman), Team Sunweb

3. Jakub Marecsko (Italia), CCC Team

4. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain-Merida

5. Ryan Gibbons (Afsel), Dimension Data

6. Jasper Philipsen (Belgia), UAE Team Emirates

7. Kristoffer Halvorsen (Norwegia), Team Sky

8. Peter Sagan (Slovakia), Bora-Hansgrohe

9. Danny van Poppel (Belanda), Jumbo-Visma

10. Daniel Hoelgaard (Norwegia), Groupama-FDJ

General Classification setelah 1 dari 6 Etape

1. Elia Viviani (Italia), Deceuninck-QuickStep 3:19:37

2. Max Wlascheid (Jerman), Team Sunweb + 4 detik

3. Patrick Bevin (Selandia Baru), CCC Team + 5

4. Michael Storer (Australia), Team Sunweb + 5

5. Jakub Marecsko (Italia), CCC Team + 6

6. Jason Lea (Australia), UniSA-Australia + 8

7. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain-Merida + 10

8. Ryan Gibbons (Afsel), Dimension Data + 10

9. Jasper Philipsen (Belgia), UAE Team Emirates + 10

10. Kristoffer Halvorsen (Norwegia), Team Sky + 10

Foto : Gettyimage


COMMENTS