Sepeda Baru AG2R La Mondiale: Eddy Merckx Komponen Campur Aduk
by - October 25, 2018
Sepeda Baru AG2R La Mondiale: Eddy Merckx Komponen Campur Aduk
by MainSepeda - October 25, 2018

Tim kuat Prancis, AG2R La Mondiale, resmi memperkenalkan senjata/tunggangan mereka untuk musim WorldTour 2019. Lewat rilis resmi, pembalap mereka Oliver Naesen memperkenalkan sepeda hitam merek Eddy Merckx. 

Pengumuman ini resmi menandai kerja sama baru AG2R dengan merek legendaris Belgia tersebut. Kontraknya dua musim, dengan opsi diperpanjang lagi dua musim. Setelah identik dengan sepeda biru muda merek Focus dan Factor dalam beberapa musim terakhir, AG2R akan tampil dengan sepeda hitam mulai 2019.

Sepeda Eddy Merckx 525 itu hitam mengkilap dengan aksen garis putih dan biru khas tim. Yang menarik, sepeda yang disebut memiliki karakter aero ini menggunakan komponen “campur aduk.”

Shifter dan derailleur-nya memakai Campagnolo Super Record dari Italia. Tapi, crank dan power meter memakai merek Rotor asal Spanyol. Plus, pedal Look Prancis, handlebar-stem Deda Italia, ban Vredestein Belanda, wheelset Mavic Prancis, botol dan cage Elite Italia, serta bartape Lizard Skins asal Amerika. Suplier lain: Komputer dari Lezyne dan rantai dari KMC. 

Sepeda ini akan sangat dinantikan aksinya pada Tour de France 2019. Sebab, lomba paling bergengsi itu akan dimulai di Belgia, sekaligus merayakan 50 tahun kemenangan pertama Eddy Merckx di Tour de France. Merckx merupakan “Michael Jordan-nya” cycling, meraih tak kurang dari 525 kemenangan sepanjang karirnya. Termasuk lima kali juara Tour de France! 

Merek ini sekarang sudah menjadi milik Belgian Cycling Factory, grup yang juga membawahi merek Belgia lain, Ridley. Meski sudah bukan lagi miliknya, Merckx tetap mengaku bangga melihat sepeda yang menggunakan namanya bakal kembali berlaga di ajang tertinggi. Merek ini kali terakhir terjun di WorldTour pada 2011. 

“Saya bangga melihat tim UCI WorldTour menggunakan sepeda Eddy Merckx di Tour de France tahun depan. Tribut sempurna untuk perayaan 50 tahun kemenangan pertama saya,” kata Merckx. Pada lomba itu, AG2R akan kembali menjadi unggulan. Lewat climber hebat asal Prancis, Romain Bardet. (mainsepeda)

 Foto : Eddy Merckx Bikes


COMMENTS