Sepeda Wow di NAHBS 2018: Ascari King Plus
Bertabur Batu Ruby, Berbalut Tali Kulit
by - February 19, 2018

Setiap tahun, produsen sepeda handmade sedunia kumpul. Setiap tahun, selalu ada satu yang bikin geleng-geleng kepala. Di North America Handmade Bicycle Show (NAHBS) 2018, giliran sepeda asal Brooklyn, New York, yang mengundang kekaguman.

Sepeda itu adalah Ascari King Plus, buatan Helio Ascari, dibantu oleh istrinya, Maria Thereza. Di tengah-tengah kehebohan pameran di Hartford, Connecticut, pasti sulit untuk tidak menoleh dan mengagumi sepeda ini.

Bagaimana tidak, sepeda itu terlihat begitu mewah, dengan taburan 13 batu Ruby dan balutan tali-tali kulit di sana-sini!

Nama Ascari mungkin tak terlalu familiar, sepeda King Plus ini dijamin membuatnya superkondang. Selama ini, pria kelahiran Brazil itu memang lebih dikenal sebagai desainer dan seniman segala hal. Merestorasi furnitur antik, barang-barang besi, dan sepatu kulit. Dia juga pernah berkarir di dunia fashion.

Membuat sepeda hanya merupakan satu keahliannya. Pada 2011, dia mulai menekuni ini di bengkelnya di Brooklyn. Dan salah satu customer-nya sangatlah kondang: Ralph Lauren.

Untuk NAHBS 2018, Ascari benar-benar all out. King Plus merupakan sebuah mahakarya.

Sepeda ini frame-nya terbuat dari bahan cromoly premium dari Columbus. Aksen-aksennya dari copper (tembaga) dan brass. Pilihan wheel juga tidak main-main. Memilih buatan Ghisallo, terbuat dari kayu (serius!) yang diperkokoh dengan carbon fiber. Tuas remnya terbuat dari emas dan gading. Dan, seperti disebut di atas, 13 batu Ruby bertebaran di frame, fork, stem, dan tuas rem.

Sebagai bonus, sepeda ini juga datang dengan sebuah pompa eksklusif buatan sendiri.

Tidak cukup dengan detail metal, tali kulit melilit begitu banyak bagian sepeda. Termasuk semua kabel. Bagi Ascari, ini ada sejarahnya.

“Kakek saya dulu pembuat keranjang untuk panen buah anggur. Setelah membuat keranjanngnya, dia lantas membalut pegangannya memakai bahan kulit. Saya meneruskan itu pada hasil desain saya,” tutur Ascar.

Pilihan batu Ruby juga memiliki makna. “Ruby adalah batu yang melambangkan kebijakan, dianggap sebagai batu mulia paling magnificent, ratunya semua batu, dan batunya semua raja. Ruby selalu menjadi lambang passion, protection, dan prosperity,” jelas Ascari.

Berapa harganya? Melihat sepeda ini, mungkin orang tidak akan berani bertanya! (mainsepeda)


COMMENTS