Pecah Telur, Timnas Indonesia Akhirnya Raih Emas di Asian Road Cycling Championship

Timnas Indonesia akhirnya pecah telur. Untuk kali pertama, atlet asal Indonesia meraih medali emas dalam ajang Asian Road Cycling Championship. Prestasi besar ini dipersembahkan oleh pembalap Julian Abi Manyu. 

Julian yang turun di kelas Individual Road Race (IRR) kategori Men Junior saat mengikuti gelaran Asian Road Championship 2024 di Almaty, Kazakhstan, pada 5-12 Juni 2024. 

Cyclist 18 tahun ini berhasil menyelesaikan balapan sepanjang 112,6 km dengan catatan waktu 2 jam 38 menit 40 detik. Ia mengungguli cyclist Taiwan Ya Lun Lee dan Phetphanom Panmaung yang berasal dari Thailand dalam dalam sprint ketat 500 meter sebelum finis. 

Julian berdiri di podium 1 usai menujuarai nomor Individual Road Race (IRR) kategori Men Junior.

"Ini pencapaian tertinggi kita, sejarah baru prestasi nasional," kata Pelatih Kepala Tim Nasional (Timnas) Balap Sepeda Indonesia, Dadang Haries Purnomo. 

Baca Juga: Rute Spesial Kediri Dholo KOM 2024: Start dari Simpang Lima Gumul, Gowes Masuk Bandara Dhoho

Tak hanya medali emas, Timnas Balap Sepeda Indonesia juga membawa pulang tiga medali perak ke tanah air. Dendra Adiyama Purniawan menjadi pembuka keran medali Indonesia usai finis di posisi kedua pada kategori Individual Time Trial (ITT) Men Junior pada Jumat, 7 Juni 2024. 

Dendra kalah bersaing melawan cyclist Taiwan En Teng Zhang yang melahap rute 20 km dengan catatan waktu 26 menit 55 detik. Terpaut 24 detik lebih lambat. Sedangkan, peringkat ketiga diisi pembalap tuan rumah Mikhail Podluzhnyy. 

Sebelum Terbang ke Kazakhstan, Dewika sebelumnya menjuarai Antangin Bromo KOM X di kategori Women Elite. 

Sementara dua medali perak lainnya disumbangkan oleh Dewika Mulya Sova. Juara Antangin Bromo KOM X ini menyumbang medali di nomor ITT pada hari Minggu, 9 Juni 2024. Ia mengulangi prestasinya dua hari kemudian setelah tampil di nomor IRR Women u-23.  

Untuk nomor IRR Women U-23, Oca, sapaan Dewika, hanya kalah bersaing dengan pembalap Kazakhstan Ossim Akpeiil.

"Yang penting ada peningkatan. Seperti Oca, peningkatan luar biasa. Tahun lalu di peringkat 4, sekarang 2 dan selisihnya cuma 11 detik di nomor ITT. Ini hasil yang menggembirakan," lanjut Dadang. 

Timnas Indonesia sendiri mengirimkan 14 atlet dan 6 offisial untuk mengikuti Asian Road Cycling Championship 2024. Ajang ini total memperlombakan 15 balapan. (Mainsepeda)


COMMENTS