Start Tour de Panderman, Kapolda Jatim Ajak Peserta Saling Jaga

Tepat pukul 05.30 WIB di pelataran Markas Polda Jawa Timur, kejuaraan balap sepeda Tour de Panderman 2024 resmi dimulai. Tercatat 1.848 cyclist dari seluruh Indonesia ikut ambil bagian.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto berpesan agar seluruh cyclist saling menjaga satu dengan yang lain. Harapannya hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

"Untuk yang berkompetisi, saya mohon kita semua jaga keselamatan di jalan. Mudah-mudahan diberikan kelancaran, tidak ada kecelakaan, semua bahagia," kata Imam. 

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto memimpin langsung start Tour de Panderman 2024 dengan bersepeda. 

Demi menjaga keamanan para cyclist, Polda Jatim dan Polresta/Polrestabes yang dilalui rute Tour de Panderman telah mempersiapkan modifikasi lalu lintas yang terintegrasi. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang sedang beraktivitas kala event ini berlangsung. 

Start dari Mapolda Jatim, rombohan cyclist Tour de Panderman kategori non kompetitif akan bergerak menuju Pit Stop 1 Bangil, setelahnya menuju ke Pit Stop 2 Kebun Raya Purwodadi, dan Pit Stop 3 di Balai Kota Malang. Dari Kota Malang, menuju finis di Balai Kota Among Tani, Jaraknya kurang lebih 113 km dan bakal melewati enam kota/kabupaten, yakni Kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Kota Malang, dan Kota Batu. COT-nya yakni 12.30 WIB.

Untuk kategori kompetitif, dari Pit Stop 2 para peserta balapan langsung balapan menuju puncak pendakian dan finis di Rest Area Jalibar, yang juga disebut puncak Panderman. Rute balapan ini berjaraknya 35 km dengan COT (Cut of Time) pada pukul 11.30 WIB. 

Baca Juga: Criterium du Dauphine 2024, Etape 6: Roglic Rebut Jersey Kuning dari Evenepoel

Kelas pembalap kompetitif terbagi menjadi delapan kategori. Dan para pemenang Tour de Panderman ini di setiap kategoria akan mendapatkan trofi Kapolda Jatim Cup 2024 dan hadiah uang tunai dengan total Rp 464 juta. (Mainsepeda)

 

Irjen Pol Imam Sugianto dalam pidatonya menitip pesan kepada peserta Tour de Panderman untuk saling menjaga. 

"Event ini kia selanggarakan untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-78. Mudah-mudahan Allah SWT meridhoi kita dalam kegiatan hari ini," imbuh Imam.

Kegiatan Tour de Panderman sendiri merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Bhayangkara yang ke-78. HUT Polri sendiri dirayakan setiap tanggal 1 Juli mendatang. (Mainsepeda)


COMMENTS