"Mencari" Penantang Pogi di Criterium Du Dauphine, Lomba Pemanasan Jelang Tour de France

Setelah grand tour perdana Giro d'Italia berakhir pekan lalu, kini fokus para pecinta balap sepeda dialihkan ke Tour de France. Inilah grand tour kedua, sekaligus grand tour paling akbar yang akan diselenggarakan pada 29 Juni sampai 21 Juli. Tadej Pogacar yang baru saja juara Giro, menjadi unggulan utama. Siapa lawannya, Criterium du Dauphine akan menjadi salah satu petunjuk.

Criterium du Dauphine dianggap sebagai salah satu lomba pemanasan utama menuju Tour. Selain jadwalnya berdekatan dengan Le Tour, juga lokasi perlombaan di kawasan Dauphine, kawasan pegunungan Alpen, yang nanti juga akan menjadi rute Le Tour. Criterium du Dauphine menuntut kehebatan pembalap di medan tanjakan untuk medan tanjakan, pun demikian halnya dengan Tour de France.

Diselenggarakan delapan etape, Criterium du Dauphine akan start pada 2 Juni mendatang. Persaingan tahun ini akan lebih berwarna karena edisi ke-76 ini seperti menjadi ajang audisi siapa yang akan menjadi penantang utama Pogi di Tour de France. Primoz Roglic dari Bora-hansgrohe dan bintang Soudal Quick-Step, Remco Evenepoel, dipastikan tampil di Dauphine. Dua nama besar itu sebelumnya harus absen dalam banyak kejuaraan karena cedera.

Jonas Vingegaard menjuarai Criterium du Dauphine dan Tour de France tahun lalu. 

Dua pembalap besar dari Visma-Lease e Bike Jonas Vingegaard dan Wout van Aert juga harus absen panjang. Vingegaard, Evenepoel, dan Roglic terlibat kecelakaan horor saat mengikuti ajang Tour Basque Country pada April lalu. Tapi hingga saat ini, Vingegaard yang belum menunjukkan tanda-tanda akan comeback dalam waktu dekat. Sedangkan, Wout van Aert sudah kembali mengaspal di event 2.Pro, Tour of Norway akhir pekan lalu. 

Tanpa nama-nama di atas, Pogacar seperti tak tersentuh di Giro d'Italia 2024. Bintang Slovenia ini meraih gelar juara absolut. Bahkan ia mampu mencetak keunggulan hampir 10 menit di akhir klasemen general classification (GC) sekaligus memecahkan rekor berusia 59 tahun. 

Sejarah Criterium du Dauphine

Criterium du Dauphine mulai diperkenalkan oleh surat kabar Le Dauphine libere pada tahun 1947, setelah Perang Dunia II berakhir. Surat kabar yang berbasis di Grenoble memutuskan untuk membuat dan menyelenggarakan perlombaan bersepeda yang mencakup wilayah Dauphiné. Bagian tenggara Prancis. 

Baca Juga: Giro d'Italia 2024, Etape 21: Pesta Juara di Roma, Pogi Bidik Rekor Pantani

Pada tahun 1990-an perlombaan ini dikategorikan sebagai gelaran UCI 2.HC, belapan dengan level di belakang Grand Tour. Pada tahun 2005, event ini dimasukkan dalam UCI Pro Tour perdana dan selang enam tahun kemudian berganti status menjadi balapan World Tour UCI.

Merunut sejarah, klaim ajang Criterium du Dauphiné sebagai balapan pemanasan terbaik jelang Tour de France merupakan suatu kebenaran. Critérium du Dauphiné adalah satu-satunya balapan yang dimenangkan oleh seluruh pemenang lima kali Tour de France, yaitu Jacques Anquetil, Eddy Merckx , Bernard Hinault dan Miguel Induráin. Selain itu, terdapat 11 pembalap juga pernah memenangkan perlombaan dan Tour de France pada tahun yang sama. Seperti yang dilakukan oleh Jonas Vingegaard tahun lalu.  

Rute Criterium du Dauphine 2024

Criterium du Dauphine 2024 akan berlangsung pada 2-9 Juni 2024 dengan total jarak 1.187,6 km dan elevasi total 22.320 meter. Balapan akan diawali dengan intensitas sedang dengan etape pembuka di  Saint-Pourçain-sur-Sioule. Rute ini berjarak 174,8 km, tapi tidak sepenuhnya jalanan flat. Rute jalan datar untuk pembalap-pembalap sprinter lainnya ialah etape 5. 

Rute Criterium du Dauphine 2024.

Sedangkan, pembalap-pembalap climber akan mendapatkan porsinya di tiga etape terakhir. Balapan akan berakhir di puncak gunung dengan dua etape diantaranya segmen pendakian kategori HORS. Etape 6 akan finis di Le Collet D'Allevard dengan jarak 11,1 km dengan gradiens rata-rata 8,1 persen. Sedangkan, etape ke-7 lebih ekstrem. Balapan akan diakhiri di Samoens yang memiliki gradiens rata-rata 9,3 persen. Sedangkan, segman etape 8 akan serupa dengan dua etape sebelumnya, tapi garis fini akan berada di tanjakan kategori 1. 

Baca Juga: Unbound Gravel 2024 Makin Kejam, Pilihan Ban Makin Besar

Sementara itu, balapan kategori ITT (Individual Time Trial) akan berlangsung pada etape 4. 

Pembalap Unggulan Criterium du Dauphine 2024

Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step) dan Primoz Roglic (Bora-hansgrohe) menjadi pembalap yang akan diunggulkan menjuarai Criterium du Dauphine 2024. Evenepoel merupakan juara dunia road race 2022, sementara Roglic peraih gelar empat Grand Tour (tiga gelar Vuelta a Espana dan 1 Giro). 

Akan tetapi, performa kedua pembalap diragukan dalam kondisi terbaiknya. Baik Evenepoel maupun Roglic adalah korban insiden kecelakaan fatal di Tour Basque Country April lalu. Evenepoel mengalami cedera fatal setelah beberapa ruas tulang rusuk dan selangkanya patah. Sedangkan, kondisi Roglic jauh lebih baik jika dibandingkan lainnya. Namun, event ini adalah event comeback pertama setelah libur panjang. Keduanya diprediksi tidak akan tampil impresif sejak awal. 

Matteo Jorgenson ketika memamerkan trofi juara Paris-Nice 2024. 

Pembalap Visma-Lease a Bike Matteo Jorgenson bakal menjadi kandidat kuat lain yang bisa membawa pulang trofi Criterium du Dauphine 2024. Cyclist Amerika Serikat ini tampil luar biasa musim ini dengan menyabet dua gelar. Paris-Nice dan Dwars door Vlaanderen. 

Selain itu, pembalap muda UAE Team Emirates Juan Ayuso turut masuk dalam perhitungan kandidat juara. Pembalap 21 tahun tampil sangat konsisten. Salah satu performa terbaiknya ialah menjadi yang terbaik di Tour Basque Country 2024. (Mainsepeda)


COMMENTS