Giro d'Italia 2024, Etape 5: Lawan Salah Perhitungan, Benjamin Thomas Menang di Lucca

Penampilan apik pembalap Cofidis, Benjamin Thomas, berbuah kemenangan dramatis pada balapan etape 5 Giro d'Italia, Rabu 9 Mei 2024. Cyclist Prancis ini berhasil mengungguli tiga rival terdekatnya yang finis hampir bersamaan.

Thomas bersama Michael Valgren (EF Education-EasyPost), Andrea Pietrobon (Polti Kometa) dan  Enzo Paleni (Groupama-FDJ) melakukan breakaway dari peleton utama. Pietrobon memimpin usaha tersebut ketika balapan masih menyisakan 58 km. 

Benjamin Thomas, Michael Valgren, Andrea Pietrobon dan  Enzo Paleni ketika breakaway. 

Pada 3 Km jelang finis, Pietrobon memilih menahan diri dan membiarkan pesaingnya mengambil status pimpinan balapan. Akan tetapi, perhitungan pembalap tuan rumah tersebut meleset. Ia mengambil inisiatif melakukan serangan pada 900 meter sebelum balapan berakhir. Namun, akselerasinya terlalu dini. 

Akhirnya Thomas mampu mendahului Pietrobon dan keluar sebagai pemenang. Pietrobon pun harus puas duduk di peringkat ketiga karena ia juga tersusul oleh Valgren. 

"Kami melakukan hal yang luar biasa. Saya tidak percaya ini. Sangat sulit di akhir. Setiap tarikan harus dengan kekuatan penuh," kata Thomas. 

Kemenangan ini menjadi hasil positif pertama bagi Thomas di gelaran Giro d'Italia. Sebelumnya pembalap 28 tahun ini hanya mampu naik podium tertinggi di event-event kasta kedua UCI, seperti Bouchles del la Mayenne.

"Saya tahu rute ini karena beberapa kali berlatih di sini. Ini tentu membantu saya dan kemenangan ini terasa berarti," imbuhnya. 

Situasi jelang finis pada balapan etape 5 Giro d'Italia. 

Di sisi lain, Valgren yang mengalami kecelakaan fatal pada 2022 dengan patah tulang duduk. Pembalap Denmark dan timnya bekerja keras untuk bangkit dan kembali ke gelaran WorldTour musim ini. 

Sementara itu, hasil balapan di Lucca tidak banyak mengubah persaingan juara Giro d'Italia. Untuk kesekian kalinya, pembalap UAE TEam Emirates Tadej POgacar berhasil mempertahankan maglia rosa meski gagal tampil impresif. 

Pogacar finis di peringkat ke-29, tapi keunggulan jarak 46 detik dari pembalap Ineos Grenadiers Geraint Thomas di klasemen general qualification (GC) tak berubah. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS