Tour Basque Country 2024 Etape 1: Roglic Tercepat di Etape Pembuka

Pembalap BORA-Hansgrohe Primoz Roglic membuka gelaran Tour Basque Country 2024 dengan cemerlang. Cyclist 34 tahun ini meraih kemenangan pertama bagi klub barunya sekaligus menguasai etape pembuka pada Senin, 1 April 2024. 

Roglic tampil impresif dengan menuntaskan tantangan Individual Time Trial (ITT) dengan catatan waktu tercepat, 12 menit 34 detik. Catatan waktu itu bertahan sepanjang sore karena Roglic memulai balapan pada awal waktu. Pembalap UAE Team Emirates Jay Vines paling mendekati rekor cyclist asal Slovenia tersebut. Vines mengakhiri balapan dengan jarak 7 detik dari Roglic. 

Posisi tercepat ketiga menjadi milik bintang Lidl-Trek Mattias Skjelmose. Sementara itu, dua pesaing utama Roglic dalam perebutan gelar Tour Basque Country 2024, Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) dan Jonas Vingegaard (Visma-Lease a Bike) mengekor diperingkat ke-4 dan ke-5. 

Baca Juga: Jelang Tour Basque Country 2024: Perang Bintang di Daratan Basque

"Saya senang, saya selalu menikmati kerumunan orang dan ini awal yang luar biasa," ujar Roglic. 

Hasil ini membuat Roglic untuk sementara waktu memimpin puncak klasemen klasifikasi umum (GC). Ia juga meraih angka tertinggi di klasemen poin dan kategori KOM (King of Mountain).

"Saya merasa kuat, meski saya sempat melakukan kesalahan di akhir. Tapi saya bisa mengatasinya dan beruntungnya waktu saya masih cukup," imbuhnya.

Remco Evenepoel saat beraksi di ajang Paris-Nice 2024. 

Evenepoel mengalami kesialan pada etape kali ini. Ia tergelincir ketika melewati tikungan ke kanan hanya 200 meter dari garis awal. 

Tapi pembalap 24 tahun ini mampu bangkit dan akhirnya finis hanya 11 detik di belakang Roglic. Artinya jika ia tak mengalami insiden, Evenepoel sejatinya punya kans besar merebut kemenangan. 

"Semuanya berjalan baik, tapi ketika saya terjatuh itu terlihat konyol karena mungkin itu kesalahan saya sendiri," ujar juara dunia road race 2022 ini. 

"Tentu saya berharap berada terdepan hari ini, tapi saya sedang sial karena terjatuh. Roglic punya catatan waktu yang sangat baik," imbuhnya.

Evenepoel tentu ingin mengikuti jejak sekaligus mengikis dominasi Roglic dan Vingegaard. Seperti diketahui, kedua pembalap tersebut pernah mencicipi gelar juara di Basque. Roglic peraih brace di tahun 2021 dan 2018, sedangkan Vingegaard merupakan juara bertahan. (Mainsepeda)

 

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS