Tirreno-Adriatico 2024 Etape 7: Vingegaard Juara Umum, Visma Siap Songsong Grand Tour

Pembalap Visma-Lease a Bike Jonas Vingegaard berhasil mengamankan gelar juara umum (GC)  Tirreno-Adriatico 2024, Minggu waktu setempat (10/3). Kemenangan itu melengkapi sukses rekan setimnya, Matteo Jorgensen, yang satu jam sebelumnya mengangkat trofi Paris-Nice 2024. Hasil tersebut menjadi warning untuk para pesaing bahwa Visma siap mendominasi grand tour beberapa bulan ke depan.

Ajang paling bergengsi Tour de France tentu saja menjadi target utama. Seperti diketahui, dua edisi Tour de France terakhir dikuasai oleh Vingegaard.

Vingegaard pun tak menampiknya. Ia menilai timnya berada di trek yang benar untuk meraih keberhasilan lainnya di musim 2024. 

"Ini hari yang luar biasa untuk tim dengan kemenangan Matteo (Jorgensen) di Paris-Nice dan saya di sini," ungkap Vingegaard. 

Jonas Vingegaard berada di tempat aman di tengah peleton di kelilingi oleh rekan-rekan setimnya di Visma-Lease a Bike. 

Vingegaard memenangi dua etape pegunungan untuk menyalip pimpinan klasemen juara umum Juan Ayuso (UAE Team Emirates) dengan selisih waktu 1 menit 24 detik. Modal itulah yang ia kantongi ketika menjalani etape penutup ajang Tirreno-Adriatico 2024. 

Pembalap Denmark ini tidak terlalu berambisi untuk meraih podium kemenangan pada etape kali ini. Tugasnya adalah menjaga jarak agar catatan waktunya tak dikejar pembalap lain, khususnya Juan Ayuso (UAE Team Emirates) dan Jai Hindley (Bora-Hansgrohe). 

Vingegaard tercatat finis di posisi ke-56 tanpa ada perbedaan waktu dengan pemenang balapan, Jonathan Milan (Lidl-Trek). Ia menyelesaikan balapan di tengah kelompok besar di belakang Milan. 

Sementara itu, posisi Ayuso dan Hindley pada klasemen GC juga tak berubah. Keduanya mengisi kuota tiga besar dalam event yang dijuluki "The Race of Two Seas" tersebut. 

"Secara keseluruhan kemenangan di Tirreno-Adriatico masuk di dalam list kemenangan terindah di karir saya. Saya akan memberikan tempat spesial untuk trofi ini di dalam rumah saya segera," jelas Vingegaard seusai mengangkat trofi ikonik berbentuk trisula ini. 

Jonathan Milan sesaat melewati garis finis di Etape 8 sebagai pemenang balapan.

Di sisi lain, Jonathan Milan memiliki pesta perayaannya sendiri. Meski tak menjadi juara GC, tapi kemenangannya di etape penutup Tirreno-Adriatico 2024 memberikan kesan positif secara personal. Terlebih ia meraih kemenangan ini di negaranya sendiri.

Milan memenangi adu sprint yang sangat intens melawan Alexander Kristoff (Uno-X) and Davide Cimolai (Movistar). Namun, ia pantas berterima kasih dengan rekan setimnya Simone Consonni setelah memberi ruang bagi Milan untuk merangsek ke depan. 

"Kemenangan terakhir selalu terasa spesial. Ini adalah hari yang sulit dengan semua kecepatan sepanjang hari. Saya kesulitan menyalip pembalap Uno-X di kilometer terakhir. Tapi Consonni menahannya untuk saya, itu sangat impresif," kata Milan. 

Kemenangan di etape penutup ini merupakan hasil positif kedua Milan di Tirreno-Adriatico 2024. Sebelumnya ia juga finis di posisi terdepan pada etape 4. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

 


COMMENTS