Tirreno-Adriatico 2024 Stage 1: Juan Ayaso Rebut Etape Pembuka, Unggul Tipis dari Cyclist Tuan Rumah

Cyclist UAE Team Emirates Juan Ayuso sukses merebut kemenangan di etape pembuka Tirreno-Adriatico 2024, Selasa dini hari, 5 Maret 2024. Ayuso unggul tipis dari pembalap tuan rumah Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) dan Jonathan Milan (Lidl-Trek).

Event yang digelar di Italia ini memulai etape pertama dengan kategori time trial. Balapan ini digelar di Lido Di Camaiore dengan trek sepanjang 10 Km. 

Seperti terinspirasi dari keberhasilan UAE Team Emirates di etape time trials di UEA Tour 2024 beberapa waktu lalu, Ayuso langsung tancap pedal sepedanya dengan intensitas tinggi. Ia sukses mencatatkan rata-rata kecepatan di 52.632 Km/jam, tercepat daripada rivalnya yang lain.

Ayuso melewati garis finis dengan perolehan waktu 11 menit 24 detik. Sedangkan, Ganna gagal mengkudeta Ayuso usai terlambat satu detik saja. Peringkat ketiga kemudian diisi pembalap Lidl-Trek Jonathan Milan dengan jarak waktu mencapai 12 detik dari Ayuso.

Selain memenangi etape pertama, hasil ini juga menjadi modal berharga bagi Ayuso dalam upaya memutus dominasi Jonas Vingegaard (Visma-Lease a Bikes). Seperti diketahui, cyclist asal Denmark ini selalu menjadi nama unggulan di setiap event yang diikuti. Pamornya tersebut tidak lepas dari keberhasilannya mencetak brace gelar juara pada tur dunia Tour de France pada tahun 2022 dan 2023 lalu.

"Saya tidak tahu jika dia difavoritkan," kata Ayuso. 

"Tapi saya yakin dia akan menjadi rival paling sulit yang akan saya hadapi di balapan kali ini. Jadi ini menjadi hal positif untuk memiliki start yang bagus," imbuhnya. 


Tim Visma-Lease a Bike menjajal desain helm baru berbentuk kepala ikan hiu. 

Kegagalan Vingegaard menciptakan keraguaan bagi model helm baru ciptaan Giro yang dipakai Visma-Lease a Bike. Desain baru helm yang terlihat seperti kepala ikan Hiu ini diharapkan mampu memberikan efek ergonomis kepada pembalap. Namun, fakta di lapangan Vingegaard gagal total.

Baca Juga: Ya Tuhan, Helm Model Apa Lagi Ini...

Vingegaard harus puas hanya duduk di peringkat kesembilan. Ia bahkan tertinggal perolehan waktu 22 detik dari Ayuso. 

Etape kedua Tirreno-Adriatico 2024 akan dimulai di Camaiore dan berakhir di Follonica. Jarak trek ini sepanjang 198 Km. Jalur ini akan melewati daerah perbukitan seperti di Castelina Marittima dan bukit Canneto.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com 


COMMENTS