Ultah Kedelapan, Barong Cycling Team Ingin Lebih Populerkan Rute Gowes di Bali

Barong Cycling Team bertambah usia. Salah satu komunitas sepeda terbesar di Bali itu genap berusia delapan tahun pada 26 Januari lalu. Perayaan dilakukan Minggu kemarin (18/2). Gowes santai di kawasan Denpasar, Klungkung, sampai Gianyar.

”Kita berdiri 26 Januari 2016, tapi perayaan ulang tahun bisa di hari lain. Nunggu hari yang pas untuk gowes bareng, karena sering kali pas tanggal 26 banyak anggota yang tidak bisa ikut,” kata Ketua Barong Cycling Team Ketut Gede Duarsa kepada Mainsepeda.


Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian perayaan ulang tahun kedelapan Minggu kemarin juga disertai peluncuran jersey. Jersey berwarna tosca muda itu nantinya akan digunakan dalam event-event gowes bareng Barong Cycling Team sepanjang 2024. Pun saat para anggota mengikuti event.

Tetap ada gambar barong di bagian depan jersey baru tersebut. Namun, ukurannya lebih kecil dari edisi jersey 2023.

Di usia yang semakin matang, Barong Cycling Team ingin lebih memperkenalkan rute-rute gowes di Bali. Di sana sebenarnya banyak sekali rute yang seru, baik yang di bawasan pantai, persawahan, maupun pegunungan. Baik yang ada di sisi selatan, utara, timur, barat, maupun tengah Pulau Dewata.

”Kami ingin membuat event yang bisa mempopulerkan rute bersepeda yang menarik di Bali, dimana selama ini rute-rute tersebut sangat jarang dilalui karena memang belum dikenal,” papar Ketut. ”Sangat banyak rute di Bali ini yang sangat menarik untuk dieksplor,” imbuhnya.

Agenda gowes bareng setiap pekan tiga kali, menjadi tradisi yang oleh Barong Cycling Team ingin terus dilanjutkan. Selama ini agenda itu rutin dilakukan setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.

”Paling seru gowes di hari Sabtu, kita sebut ride klimaks. Gowes paling tidak elevasi seribu meter, jarak paling tidak harus 100 km," ungkap Ketut.

Sepanjang tahun ini, Barong Cycling Team juga berencana gowes jarak jauh antar pulau. Mereka berencana touring ke Labuan Bajo yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Rencana ini akan dilakukan akhir tahun nanti.

Harapan kami, antar member saling menyemangati untuk berolahraga sepeda," tutup Ketut. (*)


COMMENTS