Tour Down Under 2024, Etape 1: Kemenangan Pertama Welsford Bersama Bora-Hansgrohe


Sam Welsford tampil hebat di etape pertama Tour Down Under. Pembalap Australia yang membela Bora Hansgrohe itu mengalahkan nama-nama favorit pada etape pembuka event WorldTour perdana musim 2024 tersebut. Melakukan serangan di detik-detik akhir, ia mengalahkan favorit Caleb Ewan (Jayco AIUla) yang finis keempat. Maupun Phil Bauhaus (Bahrain Victorious) dan Biniam Girmay (Intermarche Wanty) yang finis kedua dan ketiga.

Etape perdana Tour Down Under, para pembalap berkeliling di kawasan Tanunda dan Barossa Valley. Didominasi rute datar, sepanjang lomba para pembalap tergabung dalam rombongan besar. Inilah etape yang menjadi bidikan para sprinter.

Di awal lomba, Georg Zimmermann (Intermarche Wanty) dan Louis Barre (Arkea Samsic) mencoba melakukan breakaway. Namun, perjuangan dua pembalap itu dipatahkan peloton besar pada 60 km jelang finis. Sejak saat itu, tidak ada lagi upaya breakaway. Seluruh tim memulai strategi mengantarkan para sprinter masing-masing dalam posisi terbaik.

Dalam beberapa kilometer menjelang finis, Luke Plapp memimpin peloton untuk menempatkan rekan setimnya, Caleb Ewan, mengejar kemenangan. Namun, Bora merespon melalui Ryan Mullen dan Danny van Poppel yang menyodok ke depan mengantarkan Welsford.

Ewan melancarkan sprint lebih dulu. Bauhaus langsung merespon. Welsford tanpa diduga keduanya, dari sisi lain jalan melancarkan serangan akhir, dengan power dan kecepatan yang lebih baik, pembalap 27 tahun itu meraih kemenangan. Itulah kemenangan perdana yang ia persembahkan untuk tim barunya, Bora Hansgrohe, tim yang disebut-sebut akan menjadi salah satu super team musim ini.

”Gila, saya tak bisa berkata-kata,” kata Welsford setelah finis sebagaimana dilansir GCN. ”Tim tenang dan bersabar, mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa,” lanjutnya. (*)

Hasil Etape 1 Tour Down Under (Sepuluh Besar)


COMMENTS