Kolom Sehat: FOPO

FOPO singkatan dari fear of people opinion. Katanya ini adalah fenomena sosial baru setelah FOMO atau fear of missing out. Tapi menurut saya ini adalah fenomena sosial yang selalu ada di tengah masyarakat. Bedanya sekarang dapat nama baru. Nama yang lebih mudah diingat oleh generasi z (Gen Z).  

Di balik kecuekan individu, akan orang-orang yang ada di sekitarnya. Ternyata individu yang sama lebih takut kepada apa yang orang-orang pikirkan tentang individu itu. Dan, yang lebih ironis adalah kadang yang ditakuti buah pikiran seseorang yang tidak dikenal. Tapi bila pemikiran itu diamini banyak orang maka, seseorang akan merasa kecil atau takut membaur bila tidak menjadi sama dengan pemikiran yang beredar.

Contohnya begini. Saja namanya Om Anu. Om Anu mempercayai apabila ingin gaul atau blend in dengan sebuah golongan, maka dia merasa handphone harus bermerk buah-buahan. Kalau merk robot itu nggak wow, ini pemikirannya.

Maka bila brand buah tersebut mengeluarkan sebuah produk baru, maka Om Anu akan berusaha memiliki produk ini. Karena menurutnya produk baru brand buah ini adalah simbol kemapanan, gaya, dan pintu masuk ke pergaulan. Apa benar begitu? Belum pasti juga, tapi hal ini diyakini oleh si Om Anu.

Benar atau salahnya pemikiran Om Anu, menurut saya juga relatif. Bisa benar, bisa juga salah. Ada yang setuju dengannya, tapi tidak sedikit yang menentang.

Sebuah pemikiran juga sering berubah seiring berjalannya waktu, seperti di dunia,  bagaimana alat elektronik per-hp-an bisa berubah dengan cepat. Masih ingatkah pembaca beberapa waktu yang lalu BB (Blackberry) Bold atau Javelin adalah alat wajib untuk berkomunikasi. Sekarang? Sudah lupa tuh.

Nah, sama halnya di dunia sepeda. Di tengah ramai ramainya pesepeda pindah cabor, muncul sebuah teroboson bagi yang masih betah “main sepeda”. Sekarang mendapat sebuah sarana. Sarana yang berbentuk sebuah aplikasi. Aplikasi “mainsepeda” yang bisa dijalankan baik oleh si robot maupun oleh si buah. Jadi robot dan buah kali ini bisa salaman. Bisa sama-sama saling lihat isi aplikasi ini.

Fungsi aplikasi mainsepeda ini untuk lebih memanjakan pesepeda. Apa saja fungsinya? Bisa pembaca coba download langsung atau dengar pembahasan Om Aza (Azrul Ananda) soal kisi-kisi kegunaannya di YouTube Mainsepeda.

Kalau Anda mau FOPO, paling tidak tahu dulu opini orang itu apa kan? Kalau sudah baru tahu mana yang perlu ditakuti, dan mana yang tidak.

Nah tahu berita dan opini orang soal sepeda sekarang bisa dilihat di aplikasi Mainsepeda ini. Mulai dari update event, berita, sampai promonya.

Intinya ini aplikasi yang memberikan update agar pesepeda tidak perlu takut ketinggalan berita. Tak perlu ketinggalan slot event ataupun ketinggalan promo. Tapi jangan cari fungsi nearby-nya ya. Sebab fungsi itu tidak ada. Paling tidak untuk sekarang. Sekian.(Johnny Ray)


COMMENTS