Setelah 22 Tahun, Groupama-FDJ Berpisah dengan Sepeda Lapierre

Salah satu tim terlama dan ikonik di peloton WorldTour, bakal tampil beda pada musim 2024. Groupama-FDJ, tim asal Prancis, resmi berpisah dengan merek sepeda Lapierre di penghujung 2023. Perpisahan yang signifikan, mengingat keduanya sudah berjuang bersama 22 tahun!

Mulai 2024, Groupama-FDJ akan menggunakan sepeda merek Italia, Wilier Triestina. Sekaligus menunjukkan niatan Wilier untuk mengokohkan posisi di peloton dunia, karena pabrikan ini juga mendukung tim Astana Qazaqstan.

Tim Groupama-FDJ sendiri juga akan menata langkah baru di arena WorldTour. Setelah bertahun-tahun kompetitif di kategori general classification bersama Thibaut Pinot, lalu bersaing di ajang sprint bersama Arnaud Demare, tim ini akan menampilkan banyak wajah muda mulai 2024.

Pinot sudah menyatakan pensiun di akhir 2023, sementara Demare pindah ke tim Prancis lain, Arkea-B&B Hotels.

Dua pembalap senior Groupama-FDJ, David Gaudu dan Stefan Kung, masih akan menjadi leader. Tapi tim ini punya harapan tinggi pada bintang-bintang mudanya.

"Ini adalah awal dari petualangan hebat baru, bersama perusahaan kondang Italia yang sudah menorehkan banyak sejarah di dunia sepeda", kata Marc Madiot, manager Groupama-FDJ.

Tim Groupama-FDJ akan memakai sepeda Wilier Filante SLR di mayoritas etape lomba, hanya bergeser ke Turbine SLR untuk ajang time trial. Corak khusus tim ini baru akan diperkenalkan Januari mendatang.

Sepeda-sepeda tim akan dilengkapi dengan komponen komplet dari Shimano. Mulai groupset sampai wheelset.

Untuk 2024, sejumlah tim kelasd unia memang berganti suplier sepeda. Tim Decathlon AG2R La Mondiale pindah dari BMC ke Van Rysel (milik Decathlon). Sedangkan TotalEnergies sudah menyatakan memakai sepeda merek Enve, menggantikan Specialized. (mainsepeda)


COMMENTS