Rui Costa Menang Dramatis, Evenepoel Rusak Strategi Pembalap GC!


Selebrasi Rui Costa di garis finis etape ke-15

Breakaway di akhir balapan membuat Rui Costa (Intermache-Circus-Wanty) berhasil menang di etape ke-15 Vuelta a Espana. Kemenangan ini juga merupakan kemenangan perdana Rui Costa di ajang Vuelta di sepanjang karirnya. Rui Costa memenangkan persaingan dengan Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe) dan Santiago Buitrago (Bahrain Victorious). Sementara, aksi Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) berhasil membuat balapan berjalan diluar dugaan.

Setelah etape pegunungan Pyrenees, etape ke-15 balapan di wilayah Navarre dengan rute sepanjang 158,3 km. Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) kemudian melakukan serangan tepat setelah bendera start dikibarkan dan sukses mengacaukan strategi dari tim lain.

Ketika balapan memasuki tanjakkan Puerto de Lizarraga, Evenepoel kembali melakukan serangan dan kemudian diikuti Santiago Buitrago (Bahrain Victorious), Juan Pedro López (Lidl-Trek), dan 20 pembalap lainnya.

UEA Team Emirates lewat Marc Soler kemudian melakukan serangan. Namun, Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) berhasil menggagalkan serangan Soler. Pembalap general classification (GC) yang terlihat santai di awal balapan kemudian menjadi agresif akkibat apa yang dilakukan Evenepoel.


Remco Evenepoel (depan) ketika melakukan breakaway di Puerto de Lizarraga

Cian Uijtdebroeks (Bora-Hansgrohe) dan Aleksandr Vlasov (Bora-Hansgrohe) bersama dengan Evenepoel mulai melakukan tekanan ke Jumbo-Visma. Seakan belum puas setelah mengobrak-abrik formasi lawan, Evenepoel kembali melakukan serangan dan mengejar Christian Rodriguez (Arkea-Samsic) di depan ketika balapan memasuki Puerto de Lizarraga.

Kemudian terbentuklah peloton yang terdiri dari 15 pembalap di depan yang berisikan Remco Evenepoel (Soudal-Quick Step), Santiago Buitrago (Bahrain-Victorious), Kenny Elissonde (Lidl-Trek), Rudy Molard (Groupama-FDJ), Nico Denz dan Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe), Andreas Kron (Lotto Dstny), Jimmy Janssens (Alpecin-Deceuninck), Jonathan Caicedo (EF Education), Geoffrey Bouchard dan Andrea Vendrame (AG2R Citroën), Rui Costa (Intermarché), Einer Rubio (Movistar), Chris Hamilton (DSM Firmenich), dan Cristian Rodriguez (Arkea Samsic).

Gerraint Thomas (Ineos Grenadiers) mengalami insiden kecelakaan ketika balapan measuki tanjakkan terakhir di Puerto de Zuarrarrate. Buitrago kemudian melakukan serangan agresif dan berhasil menyalip Coasta. Evenepoel yang berada di depan kemudian mengalami kecelakaan ketika balapan menyisakan 10 km jelang garis finis.


Costa (Kiri) , Kamna (kanan) ketika melakukan sprint menuju garis finis

Lennard Kamna kemudian juga mengalami insiden kecelakaan di turunan menuju garis finis namun masih bisa melanjutkan balapan, Buitrago dan Costa kemudian berhasil memimpin di depan. Persaingan antar tiga pembalap terjadi hingga Costa kemudian melakukan breakaway yang membuatnya meraih kemenangan etape perdananya di Vuelta a Espana. Kamna kemudian mengambil posisi kedua podium dan diikuti Buitrago yang finis di posisi ketiga.

“Kemenangan ini sangat penting bagi saya dan tim. Tim memberik kepercayaan kepada saya sejak awal dan senang rasanya bisa mempersembahkan kemenangan ini untuk tim,” ucap Costa dilansir dari Cyclingnew.

Di klasemen GC,  Sepp Kuss (Jumbo-Visma) masih bisa mempertahankan jersey merahnya. Dengan ini Kuss memperbesar kemungkinan untuk bisa meraih gelar juara di Madrid nanti. Primoz Roglic berada di urutan kedua dengan selisih waktu 1 menit 37 detik, sementara Jonas Vingegaard berada di urutan ketiga dengan selisih waktu 1 menit 44 detik dan membuat Jumbo-Visma melanjutkan dominasi mereka di Vuelta a Espana.(Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS