Tampil Impresif, Evenepoel Menang dan Rebut Jersey Polkadot dari Vingegaard!


Selebrasi Evenepoel di garis finis etape ke-14 Vuelta a Espana


Setelah tampil buruk di etape ke-13, Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) tampil luar biasa di etape ke-14 Vuelta a Espana. Evenepoel berhasil memenangan duel dengan Romain Bardet (Team DSM-Firmenich) di akhir etape untuk meraih kemenangan dan sekaligus merebut jersey polkadot dari Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma).

Etape ke-14 berjarak 156,2 km dengan start dari Sauveterre de Bearn dan finis di Larra-Belagua. Etape ini juga menandai balapan telah memasuki pegunungan Pyreness.

Remco Evenepoel melakukan serangan di awal etape untuk memimpin di depan diikuti 24 pembalap yang membentuk peloton pemimpin. Diantara pembalap itu adalah  Jonathan Castroviejo (Ineos Grenadiers), Damiano Caruso dan Kamil Gradek (Bahrain-Victorious), Juan Pedro Lopez dan Amanuel Ghebreigzabhier (Lidl-Trek), Clement Davy dan Michael Storer (FDJ), Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe), Kaden Groves (Alpecin-Deceuninck), Lennert Van Eetvelt (Lotto Dstny), Stefan Bissegger dan Sean Quinn (EF Education), Rui Costa, Julius Johansen dan Simone Petilli (Intermarché), Nelson Oliveira (Movistar), Andre Carvalho dan Ruben Fernandez (Cofidis), Romain Bardet dan Alberto Dainese (DSM-Firmenich), Kevin Vauquelin dan Kevin Ledanois (Arkéa Samsic), serta Joel Nicolau (Caja Rural).

Ketika memasuki 9,4 km jelang garis finis. Terjadi persaingan sengi tantara Evenepoel dan Bardet. Kedua pembalap saling serang hingga ketika memasuki turunan Col Houcere. Evenepoel kemudian memanfaatkan celah untuk bisa menyalip Bardet.


Romain Bardet (kiri), Remco Evenepoel (kanan) di Col Houcere

Evenepoel berhasil meraih kemenangan dan disusul Bardet di posisi kedua dengan selisih waktu 1 menit 12 detik dan Lennert Van Eetvelt di posisi ketiga dengan selisih waktu cukup jauh hingga 6 menit 33 detik.

Peloton pembalap GC yang dipimpin tim Bahrain Victorious finis dengan selisih waktu 8 menit 21 detik dari Evenepoel. Sepp Kuss, Primoz Roglic, dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma), melakukan selebrasi ketika finis karena mereka bisa mempertahankan keunggulannya di klasemen. Kuss tetap memimpin di posisi pertama general classification (GC) dengan selisih 1 menit 37 detik dari Roglic di posisi kedua.

Kemenangan Evenepoel hari ini tentu sangat emosional bagi pembalap asal Belgia itu setelah ia tampil buruk di etape ke-13. Evenepoel juga berhasil merebut jersey polkadot penanda pemuncak klasemen King Of Mountain dari Jonas Vingegaard. Evenepoel kini berada di posisi pertama dengan 63 poin.

“Kemarin adalah hari yang buruk bagi saya karena banyak pikiran negatif di kepala saya. Hari ini saya hanya mencoba melakukan yang terbaik,” ucap Evenepoel dilansir dari Cyclingnews.

“Ini adalah etape yang sulit, rasanya sangat menyenangkan bisa menang hari ini. Kemenangan ini juga menjadi jawaban dari performa saya di balapan kemarin,” tutup Evenepoel.(Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS