Berikut Daftar Pembalap yang Mundur dari Vuelta a Espana!

Total ada 176 pembalap ikut balapan Vuelta a Espana musim 2023 yang start etape pertama di Barcelona. Pembalap akan menempuh rute total 3.154 kilometer hingga akhir etape ke-21. Hingga memasuki etape ke-9 ini, tersisa 162 pembalap. Sisanya harus meninggalkan balapan karena mengalami insiden kecelakaan dan berakhir dengan cedera, hingga tidak bisa melanjutkan balapan.

Berikut daftar pembalap yang sudah dinyatakan keluar atau did not finish (DNF) dari Vuelta a Espana musim ini:

Etape 1

Laurens De Plus (Ineos Grenadiers)

Pada etape pertama di Barcelona, pembalap dihadapkan dengan balapan individual time trial (ITT). Kondisi hujan deras yang mengakibatkan jalanan menjadi sangat licin. Laurens De Plus terjatuh di balapan ini dan harus dilarikan ke rumah sakit, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa pembalap berusia 27 tahun ini mengalami patah tulang di bagian pinggul kanannya. Laurens menjadi pembalap pertama yang keuar dari Vuelta a Espana

Etape 2

Oscar Onley (Team dsm-firmenich)

Pembalap berusia 20 tahun ini harus menutup debut Grand Tour pertama dalam karirnya dengan kurang menyenangkan. Kondisi hujan deras lagi-lagi menjadi kendala bagi pembalap. Oscar menjadi salah satu korban jalanan licin setelah ia terjatuh di tikungan yang membuatnya mengalami patah tulang selangka kanan.

Etape 5

Eddie Dunbar dan Filippo Zana (Jayco AlUla)

Dua pembalap dari Jayco AlUla tumbang di etape ke-5 Vuelta a Espana. Setelah sempat terjatuh di etape pertama Vuelta dan masih bisa melanjutkan balapan, Eddie kembali terjatuh di Etape ke-5. Meski hasil rontgen tidak menunjukkan adanya cedera serius, namun tim dokter Jayco AlUla memutuskan bahwa Eddie Dunbar harus mendapatkan perawatan agar cederanya tidak menjadi semakin parah.

Sementara itu, Filippo Zana yang menjadi andalan tim Jayco AlUla dan sekaligus juga pemimpin tim, harus keluar dari balapan ketika balapan memasuki kilometer 15. Dari hasil pemeriksaan, Zana mengalami infeksi virus di bagian pencernaanya, hal ini membuat Zana tidak memiliki tenaga untuk melanjutkan balapan dan harus keluar dari Vuelta a Espana.

Kobe Goossens (Intermarché-Circus-Wanty)

Pembalap berusia 27 tahun dari Intermarché-Circus-Wanty ini harus keluar dari Vuelta karena cedera yang dideritanya di etape ke-4. Gossens mengalami cedera pada lututnya yang membuatnya tidak bisa melanjutkan balapan di etape ke-5 Vuelta a Espana.

Bryan Coquard (Cofidis)

Sempat mengalami insiden kecelakaan di 3 km jelang garis finis di etape ke-4, Coquard masih bisa melanjutkan balapan hingga garis finis. Coquard ternyata mengalami cedera yang cukup serius, retak pada bagian tulang belikatnya membuat Coquard tidak bisa melanjutkan balapan di etape ke-5.

Ruben Guerreiro (Movistar)

Pembalap asal Portugal ini mengundurkan diri dari Vuelta a Espana karena mengalami patah tulang di bagian selangka kirinya. Ruben Guerreiro mengalami insiden kecelakaan bersama beberapa pembalap lainnya di etape ke-4 Vuelta.

Etape 6

Andrea Bagioli (Soudal-QuickStep)

Soudal-QuickStep memberikan pengumuman yang mengejutkan melalui akun media sosial mereka. Meraka mengumumkan bahwa Andrea Bagioli tidak bisa melanjutkan balapan di Vuelta, namun  tidak ada alasan resmi mengapa Bagioli meninggalkan Vuelta. Beberapa sumber menyebut bahwa Bagioli bisa jadi terjangkit Covid-19, seperti yang terjadi pada rekan setimnya, Remco Evenepoel ketika meninggalkan Giro d’Italia lalu.

Lorenzo Milesi (Team dsm-firmenich)

Pemenang etape pertama Vuelta a Espana, Lorenzo Milesi dipastikan meninggalkan Vuelta. Setelah memimpin klasemen general classification di dua etape pertama, Milesi terjatuh di etape ke-5 dan ketika balapan di etape ke-6 ia harus berhenti dan meninggalkan balapan setelah merasakan sakit di bagian tangannya.

Michael Hepburn (Jayco-AlUla)

Terjatuh di etape pertama Vuelta a Espana, Michael Hepburn masih bisa melanjutkan balapan hingga etape ke-6. Namun kemudian ia harus berhenti di tengah balapan dan menyerah untuk melanjutkan balapan setelah rasa sakit di lututnya terus mengganggunya sepanjang balapan. Keluarnya Hepburn membuat tim Jayco AlUla hanya menyisakan lima pembalap di Vuelta a Espana musim ini.

Jay Vine (UEA Team Emirates)

 Tim UAE Team Emirates harus kehilangan salah satu pembalap andalannya ketika Jay Vine terjatuh di etape ke-6. Vine terjatuh ketika balapan baru memasuki 15 kilometer pertama, pembalap asal Australia ini mengalami cedera di bagian siku kirinya dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Etape 7

Thymen Arensman (Ineos Grenadiers)

Thymen Arensman mengalami tabrakan ketika balapan baru memasuki kilometer 5,2 di etape ke-7. Thymen terlibat di insiden kecelakaan bersama dengan , Egan Bernal, pembalap Alpecin-Deceuninck, Robbe Ghys, dan Romain Bardet dari Team dsm-firmenich. Pembalap asal Belanda ini kemudian harus dibawa petugas medis ke rumah sakit dan dilaporkan bahwa Arensman mengalami cedera di bagian kepala dan tulang selangka.

Etape 8

Pierre Latour (TotalEnergies)

Pierre Latour menjadi satu dari beberapa pembalap yang mengalami insiden kecelakaan di etape ke-7 Vuelta a Espana. Latour terjatuh di 11 kilometer terakhir jelang garis finis. Latour sempat balapan di etape ke-8, namun ia tidak bisa melanjutkan balapan ketika balapan tersisa 30 kilometer jelang garis finis. Latour menderita cedera di bagian bahu dan beberapa memar di tubuhnya yang membuatnya kesulitan untuk mengayuh sepeda.

Sam Gaze (Alpecin-Deceuninck)

Tidak dijelaskan secara pasti kenapa Sam Gaze tidak bisa melanjutkan balapan di Vuelta a Espana. Berdasarkan rilis resmi tim Alpecin-Deceuninck, Sam Gaze menderita penyakit yang membuatnya harus mundur dari balapan. (*)

 

Foto: Cycling News


COMMENTS