Menang Dramatis, Soupe Raih Kemenangan Perdana di Vuelta a Espana!


Ekspresi Geoffrey Soupe setelah berhasil meraih kemenangan di etape ke-7 Vuelta a Espana

Geoffrey Soupe (TotalEnergies) sukses mencuri kemenangan di etape ke-7 Vuelta a Espana. Kemenangan ini juga merupakan kemenangan pertama Soupe di Vuelta a Espana di sepanjang karirnya, posisi terbaik Soupe di Vuelta a Espana adalah di posisi keenam di 2014 silam.

Etape ke-7 memiliki rute sepanjang 201 km dengan sebagian rute datar. 28 km pertama, pembalap akan dihadapkan dengan tanjakkan di Utiel, kemudian pembalap akan dihadapkan dengan rute turunan menuju Valencia, lalu 80 kilometer terakhir rute mendatar akan menjadi penentu balapan menuju garis finis di pantai Oliva.

Sepanjang balapan, para pembalap masih berpeloton hingga di 14 km terakhir jelang garis finis, tim Ineos Grenadiers dan Soudal-QuickStep berinisiatif untuk menyerang dan memimpin di depan. 11 km terakhir, terjadi kecelakaan yang melibatkan Jimmy Janssens dan Groves, pemimpin klasemen sementara yang masih bertahan. Edward Planckaert dan Robbe Ghys dari Alpecin terjatuh bersama Alberto Dainese (Team dsm-Firmenich), Michael Storer (Groupama-FDJ), Amanuel Ghebreigzabhier (Lidl-Trek), dan Jonathan Castroviejo bersama rekan setimnya di Ineos, Arensman. Sepp Kuss (Jumbo-Visma) sempat terlibat di kecelakaan ini, namun ia berhasil kembali untuk menyelesaikan balapan.


Soupey (Kanan), berhasil menang dramatis di garis finis etape ke-7 Vuelta a Espana

Ketika balapan menyisakan 3 km jelang finis, para pembalap mulai melakukan sprint menuju garis finis. Soupe kemudian melakukan serangan yang mengejutkan para pembalap lainnya, ia melakukan akselerasi di 400 meter terakhir untuk akhirnya meraih kemenangan. Posisi kedua direbut oleh Orluis Aular (Caja Rural-Seguros RGA) diikuti Edward Theuns (Trek-Lidl) di posisi ketiga.

Kemenangan Soupe hari ini merupakan kemenangan ketiganya di sepanjang karir profesionalnya. Sebelum kemenangan ini, Soupe meraih dua kemenangan di ajang La Tropicale Amissa Bongo.

“Kemenangan ini rasanya sangat spesial bagi saya, ini adalah momen yang luar biasa. Ketika saya meilhat ada peluang untuk melakukan serangan, saya mencoba untuk melakukannya dan terkejut bisa meraih kemenangan,” ucap Soupe dilansir dari Cyclingnews.

“Tahun ini saya sebenarnya tidak diikutsertakan di Vuelta, namun karena rekan setim saya, Alexis Vuillermoz terjatuh, tim memutuskan untuk membawa saya di Vuelta musim ini,” tutup pria yang kini berusia 35 tahun itu.

Di General classification (GC), Lenny Martinez (Groupama-FDJ) tetap berada di posisi pertama, unggul 8 detik dari Sepp Kuss (Jumbo-Visma) yang berada di posisi kedua, serta unggul 51 detik dari Marc Soler (UAE Team Emirates) yang berada di posisi ketiga. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS