Dukung Dholo KOM, Mas Dhito Ikut Tes Rute di Kawasan Bandara Baru Kediri

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memberikan dukungan penuh untuk penyelenggaraan Kediri Dholo KOM Challenge 2023. Hal itu disampaikan sosok yang akrab disapa Mas Dhito itu saat menerima kunjungan founder MainSepeda Azrul Ananda bersama tim di Kediri, Jumat 11 Agustus 2023.

Dholo KOM Challenge telah menjadi atraksi sport tourism yang penting untuk Kediri.

”Rute yang akan dilewati mana saja Mas Azrul, akan kami persiapkan,” kata Mas Dhito di awal diskusi dengan MainSepeda. ”Dholo KOM telah menjadi event tahunan yang menarik untuk promosi Kabupaten Kediri,” lanjutnya.

Dalam pertemuan yang diselenggarakan di Kantor Bupati Kediri itu, Azrul menjelaskan bahwa untuk tahun ini Dholo KOM Challenge tidak lagi start di Surabaya seperti tahun lalu. Perlombaan difokuskan di Kediri dengan format one day event.

”Dari Kediri, finis di Kediri, untuk Kediri,” ucap Azrul. ”Dengan format ini para peserta bisa mengeksplorasi Kediri lebih maksimal, sejak Jumat atau paling lambat Sabtu, para peserta akan datang di Kediri untuk balapan di hari Minggu. Mereka akan menginap di hotel di Kediri, belanja di sini, dan kegiatan lain yang membawa dampak ekonomi yang positif,” paparnya.

Untuk finalisasi rute, MainSepeda rencananya akan menggelar tes rute pada 27 Agustus nanti. Sebagai gambaran awal, start akan dilakukan di Kantor Bupati Kediri yang berdekatan dengan Simpang Lima Gumul yang sangat ikonik itu.

Para peserta akan berkeliling Kediri sebelum menuju ke kawasan menanjak di Besuki, tanjakan Kelok 9, Tanjakan Gigi 1, lalu finis di kawasan Air Terjun Dholo. Nah, salah satu spot baru yang akan dilewati rombongan Dholo KOM Challenge sangat menarik, yaitu bandara baru Kediri, Dhoho International Airport.


Mas Dhito saat berdiskusi dengan Azrul Ananda terkait penyelenggaraan Kediri Dholo KOM Challenge 2023.

Bandara Dhoho yang memiliki panjang runway 3.300 meter itu, bisa didarati pesawat jumbo, saat ini dalam proses penyelesaian. Sudah hampir selesai, rencananya bandara yang akan dikelola Angkasa Pura 1 tersebut akan beroperasi Oktober nanti.

”Ada enam ruas jalan baru di sekitar Bandara Dhoho, pasti jalannya mulus-mulus. Nanti saya temani waktu cek rute, terutama di kawasan bandara,” kata Mas Dhito.

Bupati muda itu menyebut Bandara Dhoho diharapkan akan menjadi pengungkit bagi pembangunan Kediri dan kawasan sekitar. Bandara yang terhubung langsung dengan tol Kertosono-Tulungagung itu akan mempermudah mobilitas warga di sana. Juga wisatawan, pebisnis, atau siapa pun yang akan ke Kediri.

”Saya sangat mendukung Dholo KOM Challenge melewati kawasan Bandara Dhoho, ini secara langsung akan mempromosikan bandara baru kediri ke masyarakat secara luas,” papar Mas Dhito.

Dholo KOM Challenge 2023 yang diselenggarakan pada 24 September akan diikuti lebih dari 300 peserta. Pendaftaran saat ini masih berlangsung sampai pekan pertama September nanti. Sejauh ini, jumlah peserta sudah melebihi peserta tahun lalu.(mainsepeda)


COMMENTS