Tunda Debut, Mathieu Van der Poel Hanya Turun di MTB Cross Country Olympic

Debut Mathieu van der Poel di UCI Mountain Bike World Championships 2023 tertunda beberapa hari. Awalnya pembalap dengan julukan The Flying Dutchman itu direncanakan debut di nomor MTB cross country short track, Kamis 10 Agustus 2023 di Glentress Forest, Skotlandia. Tapi ia mengundurkan diri dari nomor itu karena cedera yang belum pulih.

Federasi balap sepeda Belanda mengonfirmasi bahwa Van der Poel hanya akan tampil di nomor MTB cross country Olympic, Sabtu, 12 Agustus 2023. Dengan begitu Van der Poel masih memiliki peluang menjadi pembalap putra pertama yang meraih tiga juara dunia dalam tiga disiplin berbeda. 

Sebelum menjadi juara dunia road race, Van der Poel menjadi juara dunia cyclocross pada Februari 2023. Pembalap pertama yang mencapai raihan itu adalah Pauline Ferrand-Prevot. Pada periode 2014-2015, pembalap putri Ineos Grenadiers itu menjadi juara dunia cyclocross, road race, dan MTB. Saat itu ia masih berusia 23 tahun.

Baca Juga: Mathieu van der Poel Menangi UCI World Championships Road Race

Beberapa hari usai menjadi juara dunia di Glasgow, Van der Poel tampak berlatih di kawasan Glentress Forest. Ia berencana tampil pada Kamis. Tetapi ia berubah pikiran karena masih merasakan sakit akibat tabrakan saat balapan pada Minggu, 6 Agustus 2023 di Glasgow. Meski begitu ia mendapat hasil yang sepadan. Van der Poel menjadi juara dunia road race dengan hasil yang mengagumkan.

“Saya masih sedikit merasakan sakit karena kecelakaan itu. Saya tidak merasakan rasa sakit itu saat balapan karena adrenalin yang tinggi. Tetapi setelah finis, saya langsung menyadari bahwa saya telah melukai diri saya sendiri,” ujar pembalap berusia 28 tahun itu.

Sementara itu dari official start list nomor short track itu ada nama Tom Pidcock (Britania Raya) dan Peter Sagan (Slovakia). Ada juga juara bertahan nomor short track, Sam Gaze. Pembalap asal Selandia Baru itu meraih podium pertama di Les Gets, Prancis pada 2022 dalam waktu 22 menit 21 detik

Pidcock akan menjadi pesaing berat bagi Van der Poel di nomor cross country Olympic nanti. Pembalap asal Britania Raya itu tidak tampil di road race karena fokus pada nomor MTB. Pidcock turun pada nomor short race dan Olympic. Ia punya gelar mentereng dalam disiplin cross country. Pidcock merupakan juara Eropa 2022 dan Olimpiade Tokyo 2020.(mainsepeda)


COMMENTS