Mathieu van der Poel Menangi UCI World Championships Road Race

Salah satu nomor bergengsi di UCI World Championships 2023 (Kejuaraan Dunia UCI), Road Race, tuntas dilombakan. Pembalap Belanda Mathieu van der Poel keluar sebagai juara di kategori Men Elite.

Finis di belakang Mathieu van der Poel ada Wout Van Aert yang meraih perak. Lalu runner up Tour de France 2023, Tadej Pogacar finis di posisi ketiga dan meraih perunggu.

MVDP, begitu ia biasa disapa, sempat mengalami crash di balapan epik sepanjang 271 km itu. Kecelakaan terjadi di 17 km tersisa. Di jalanan pusat kota Glasgow yang licin karena hujan.

Meskipun mengalami luka di lutut dan pahanya, MVDP masih bisa bangkit. Ia mencoba melepaskan diri dari kejaran para pembalap lain. Trio van Aert, Pogacar dan Mads Pedersen kesulitan mengejar Van der Poel.

MVDP pun finis solo. Kemenangan ini sekaligus gelar juara dunia keduanya. Di tahun ini, MVDP juga memenangi Kejuaraan Cyclocross Dunia UCI. Belum ada pembalap yang menyamai rekor ini: meraih dua gelar juara dunia dalam satu tahun.

Van der Poel terlihat haru ketika naik ke podium dengan jersey pelanginya (jersey untuk juara pertama UCI World Championships). "Memenangkan balapan ini sungguh luar biasa. Itu salah satu tujuan terbesar saya. Benar-benar sangat berarti buat karier saya," ungkapnya.

Rute UCI World Championships Road Race 2023 menjadi yang terpanjang sejak digelar di Firenze satu dekade lalu. Total jarak balapannya 271 km. Dari Edinburgh ke Glasgow. Di dalamnya ada rute 10 putaran di sirkuit yang menantang dan berbukit.

Sebelum rute sirkuit, para pembalap harus menghadapi balapan sejauh 120 km dari timur ke barat. Termasuk harus menaklukkan bukit utama di Crow Road (5,6 km dengan gradien 4 persen). Tanjakan terpanjangnya memiliki ketinggian 3.570 meter.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com & Photo: CyclingNews.


COMMENTS