Hasil Etape 17 TdF: Gall Menang, Pogacar Terjatuh, Vingegaard Menjauh


Felix Gall Raih Kemenangan Perdana di Etape ke-17 TdF

Hasil etape ke-17 Tour de France (TdF) 2023 membuat Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) semakin menjauh dari kejaran Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Etape 17 sendiri menjadi milik Felix Gall (AG2R Citroen). Ini merupakan kemenangan etape perdana Gall di sepanjang kariernya membalap di TdF.

Vingegaard memang hanya finis di posisi keempat. Tapi yang membuat jaraknya dengan Pogacar menjauh adalah karena pembalap Slovenia itu sendiri. Pogacar terjatuh di 15 km jelang finis di tanjakan Hors Categorie.

Pembalap asal Slovenia itu terjatuh bersama rekan setimnya Marc Soler. Peristiwa itu terjadi ketika Pogacar berusaha mengejar Vingegaard menuju puncak, setelah sempat tertinggal lima menit di belakang pembalap asal Denmark itu.

Pogacar tetap melanjutkan balapan. Ia tiba di garis finis di posisi ke-22. Catatan waktunya 7 menit 37 detik di belakang Gall. Tertinggal 5 menit 45 detik di belakang Vingegaard.

Hasil ini membuat jarak Vingegaard dan Pogacar di klasemen GC makin lebar. Pogi -sapaan Pogacar- masih di posisi kedua GC. Tapi ia tertinggal 7 menit 35 detik dari Vingegaard, yang masih memimpin klasemen GC.


Selebrasi Vingegaard di garis finis etape ke-17 TdF

Sementara itu, Felix Gall sukses menambah gelar WorldTour musim ini setelah sebelumnya memenangi etape di Tour de Suisse, Juni lalu.

Gall berhasil menahan serangan Simon Yates (Jayvo-AlUla) lewat sprint solo menuju tanjakan terakhir di Courchevel. Simon Yates harus puas berada di posisi kedua dengan selisih waktu 34 detik.

Disusul kemudian ada Pello Bilbao (Bahrain-Victorious) di posisi ketiga dengan selisih waktu 1 menit 39 detik di belakang Gall. Lalu Vingegaard menempati posisi keempat serta David Gaudu (Groupama-FDJ) di posisi kelima.

“Rasanya sangat luar biasa, saya ingin mengucapkan terima kasih pada tim yang memberi mendukungan di balapan tadi,” ujar Gall, dilansir dari Cyclingnews.

“Saya merasa sangat baik hari ini, sebelum tanjakan terakhir saya tahu bahwa saya berada di posisi yang bagus untuk melakukan serangan. Lalu saya menunggu celah untuk melakukan serangan,” tambah pembalap asal Inggris itu.

Di persaingan pembalap GC, Adam Yates (UAE Team Emirates) sukses mempertahankan posisi ketiganya di klasemen GC. Dengan selisih waktu satu menit sebelas detik dari Carlos Rodriguez (Ineos Grenadiers), yang ada di posisi keempat.(Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS