Hasil Etape 14 TdF: Pogacar-Vingegaard Bersaing Ketat, Rodriguez Curi Kemenangan


Selebrasi Carloz Rodriguez di podium etape ke-14.

Etape ke-14 menjadi saksi persaingan antara Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dalam perebutan jersey kuning. Vingegaard berhasil mendapatkan keuntungan di etape ke-14 meski finis di posisi ketiga. Sementara itu, Carloz Rodriguez (Ineos Grenadiers) berhasil menyabet kemenangan etape Tour de France (TdF) sepanjang karirnya.

Jumbo-Visma memimpin balapan sejak awal etape. Mereka memimpin hingga lebih dari satu menit di depan. Saat 60 km jelang finis di Col de la Ramaz, mereka mulai terkejar oleh peloton di belakangnya.

Tanjakan terakhir etape ke-14 di Col de Joux Plane menjadi saksi pertarungan pembalap general classification (GC). Pada 16 km jelang finis, Adam Yates (UAE Team Emirates) melancarkan serangan. Diikuti rekan setimnya Pogacar di belakang.

Peloton pemimpin yang tadinya terdiri dari tujuh pembalap, kemudian hanya tersisa tiga pembalap terdepan. Di sinilah pertarungan satu lawan satu antara Pogacar dan Vingegaard terjadi.

Aksi saling serangan antarpembalap Slovenia dan Denmark itu terjadi hampir sepanjang rute. Namun Vingegaard menjadi pembalap yang paling diuntungkan. Ia berhasil mendapatkan bonus waktu ketika sprint menuju puncak tanjakan.

Pada 500 meter jelang finis, Pogacar memimpin balapan hari itu, sebelum Vingegaard berhasil mengejarnya di 150 meter terakhir untuk meraih tiga detik bonus waktu.

Ketika di turunan Morzine, kedunya melaju bersama-sama, dengan Pogacar memiliki kecepatan yang lebih unggul dan berhasil finis di posisi kedua etape.


Aksi Vingegaard dan Pogacar jelang finis etape 14.

Rodriguez yang bisa memanfaatkan celah persaingan antara Pogacar dan Vingegaard, kemudian berhasil melenggang menuju garis finis tanpa hambatan berarti. Pembalap asal Spanyol itu sukses meraih kemenangan TdF pertama dalam karirnya.

“Saya tidak bisa berkata-kata, rasanya sangat luar biasa. Balapan di sini adalah sebuah mimpi bagi saya, dan meraih kemenangan adalah hal yang luar biasa. Saya sangat senang dan berterima kasih pada tim yang telah percaya pada saya,” kata Rodriguez dilansir dari Cyclingnews.

Kemenangannya hari ini membuat pembalap berusia 22 tahun itu mendapatkan bonus waktu. Rodriguez pun merangsek ke posisi ketiga klasemen GC. Unggul dari Jai Hindley (Bora-Hansgrohe).

Sementara itu, menuju etape ke-15 di rute pegunungan, Vingegaard sukses menambah keunggulannya dari Pogacar menjadi 10 detik. Persaingan antara Vingegaard dan Pogacar diprediksi akan masih terjadi hingga akhir etape TdF.

“Saya rasa ini adalah hari yang baik. Saya berhasil menambah keunggulan saya dan bisa mempertahankan jersey kuning. Saya ingin berterima kasih kepada rekan tim saya, karena mereka benar-benar luar biasa di balapan hari ini,” ucap Vingegaard.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS