Jai Hindley Juara Etape 5 Sekaligus Rebut GC TdF, Vingegaard Kalahkan Pogacar


Selebrasi Hindley setelah berhasil memenangkan etape ke-5 Tour de France

Balapan Tour de France 2023 mulai seru. Memasuki etape 5, klasemen general classification (GC) mulai berubah drastis. Etape ke-5 menjadi milik Jai Hindley dari Bora-Hansgrohe.

Bukan sekadar memenangi etape, tapi Hindley juga berhasil mengkudeta posisi pertama klasemen GC yang sebelumnya ditempati Adam Yates (UAE Team Emirates). Di etape 5, duel dua pembalap unggulan, yakni sang juara bertahan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dan Tadej Pogacar (UEA Team Emirates) juga seru.

Jonas Vingegaard sendiri berhasil naik ke posisi kedua GC. Hasil itu ia raih sekaligus menumbangkan Tadej Pogacar di Col Marie Blanque. Kini Vingegaard berhasil unggul satu menit di klasemen GC dari rivalnya itu.

Etape 5 merupakan perjalanan hari pertama para peserta Tour de France 2023 di Pegunungan Pyrenees. Balapan menyuguhkan pertunjukan yang spektakuler, dari awal hingga akhir.

Hindley memulai perjuangannya dengan berada di antara peloton pemimpin ketika menuju finis di puncak tanjakan Col de Soudet. Pembalap asal Swiss itu berhasil memanfaatkan celah yang terbuka di peloton oleh Felix Gall (AG2R-Citroen). Ia kemudian melakukan serangan dan berhasil menyalip Gall di Marie Blanque. Empat kilometer jelang finis.

Hindley kemudian berhasil melenggang sendirian menuju garis finis di Laruns untuk memenangkan etape ke-5.

Sementara itu pertarungan Vingegaard dan Pogacar terjadi ketika Jumbo-Visma berhasil mengambil alih barisan terdepan peloton pemimpin. Pembalap Jumbo-Visma Sepp Kuss melaju kencang di lereng Marie Blanque. Diikuti rekan setimnya Vingegaard. Di sana ada juga Tadej Pogacar.

Nah, di 1.500 meter jelang finis, Vingegaard melakukan akselerasi yang tidak bisa dikejar oleh Pogacar. Vingegaard terus melesat ke depan. Pogacar hanya bisa berupaya agar tidak banyak kehilangan poin.

Vingegaard sebenarnya berupaya mengejar Hindley. Tapi gagal. Ia hanya berhasil memperkecil ketinggalan dengan selisih waktu 1 menit lima detik. Sekaligus Vingegaard unggul 36 detik dari Pogacar.


Vingeaard ketika di garis finis etape ke-5

Vingegaard berhasil mendekat Felix Gall, Emanuel Buchmann (Bora-Hansgrohe) dan Giulio Ciccone (Lidl-Trek) di kilometer terakhir. Sekaligus finis di urutan kelima. Sedangkan Pogacar hanya bisa finis di urutan ke-8 dengan selisih waktu 1 menit 37 detik dari juara pertama, Jai Hindley.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com

 


COMMENTS