Menangi Etape 7 Tour de Suisse 2023, Remco Evenepoel: Ini untuk Gino Mader!

Etape 7 Tour de Suisse 2023 menjadi milik pembalap Belgia, Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep). Tapi tak ada kegembiraan dan perayaaan kemenangan di etape itu. Evenepoel memberikan kemenangan itu sebagai penghormatan untuk Gino Mader, yang meninggal dunia setelah kecelakaan di etape ke-5.

Evenepoel menang solo di etape tersebut. Ia berhasil meninggalkan para pembalap lainnya di pendakian terakhir. Wout van Aert (Jumbo-Visma) yang memimpin peloton pengejar keluar sebagai juara kedua. Lalu, Bryan Coquard (Cofidis) menempati urutan ketiga.

Hasil etape ke-7 ini tak mengubah klasemen general classification GC. Itu karena panitia memutuskan perhitungan waktu GC diambil dari jarak 25 km. Itu artinya, Mattias Skjelmose (Trek-Segafredo) tetap masih memimpin GC.

Suasana berkabung memang masih begitu terasa di etape ke-7, Sabtu pagi, 17 Juni 2023 waktu setempat. Sebelumnya, proses penghormatan untuk kematian Gino juga dilakukan di 20 km di akhir etape ke-6. 

Sejumlah tim sudah menyatakan cabut dari Tour de Suisse 2023. Tim Gino Mader, Bahrain Victorious, sudah memutuskan mundur dari dua etape terakhir. Langkah itu diikuti Intermarché-Circus-Wanty dan Tudor Pro Cycling Team.

Beberapa cyclist secara individu juga menyatakan tak ikut balapan. Di antaranya ada nama Stefan Küng (Groupama-FDJ), Quinn Simmons (Trek-Segafredo), dan Marc Hirschi (UEA Team Emirates). Total ada 37 pembalap yang meninggalkan Tour de Suisse.

Dengan kebijakan perhitungan waktu GC dari 25 km akhir, awal etape ke-7 berjalan datar-datar saja. Tim-tim yang berfokus merebut GC baru saling berkejaran di 25 km akhir ketika waktu GC dicatat. 

EF Education-EasyPost sempat memimpin pendakian dengan kecepatan tinggi, sebelum Jumbo-Visma mengambilalih di tanjakan Otteneberg.

Rombongan pembalap elite yang terdiri dari sekitar 10 orang kemudian muncul di depan. Di antaranya ada tiga pembalap Ineos Grenadiers, termasuk Tom Pidcock dan Michał Kwiatkowski.

Tapi Evenepoel tak ada lawan di etape ini. Ia berhasil menjauh dari para pesaingnya dan finis solo. Hasil ini membuat Evenepoel tetap tertinggal 46 detik dari pemimpin balapan Mattias Skjelmose. Namun di etape akhir yang menyajikan rute rolling sejauh 25,7 km bisa saja mengubah segalanya.

Usai balapan Evenepoel menjawab mengapa ia memutuskan tetap balapan di tengah banyak tim dan pembalap memilih cabut dari Tour de Suisse. Menurut Evenepoel, semua orang bebas untuk balapan.

Evenepoel mengaku di etape 7 itu ia sempat punya rencana membantu Tim Merlier membendung Wout van Aert. Tapi van Aert terlalu tangguh. Akhirnya Merlier meminta Evenepoel melaju sendirian dan akhirnya bisa memenangkan balapan. 

"Saya bukan tipe orang yang berhenti balapan begitu saja meskipun situasinya sangat sulit bagi semua orang. Menurut pendapat saya, ini adalah cara terbaik untuk menghormati Gino. Itu hanya tujuan saya, memenangkannya etape ini untuk Gino,” ujarnya.(mainsepeda)

Hasil Etape ke-7 Tour de Suisse 2023 (Top 10)
1. Remco Evenepoel, Soudal Quick-Step, 04:01:04
2. Wout van Aert, Jumbo-Visma, + 00
3. Bryan Coquard, Cofidis, + 00
4. Lorrenzo Manzin, TotalEnergies, + 00
5. Alex Aranburu, Movistar Team, + 00
6. Kevin Vermaerke, Team DSM, + 00
7. Romain Gregoire, Groupama-FDJ, + 00
8. Jonas Koch, BORA-hansgrohe, + 00
9. Gonzalo Serrano, Movistar Team, + 00
10. Matthew Dinham, Team DSM, + 00

Klasemen Sementara General Classification Tour de Suisse 2023 (Top 10)
1. Mattias Skjelmose Jensen, Trek-Segafredo, 20:44:45
2. Felix Gall, AG2R Citroën Team, +08
3. Juan Ayuso, UAE Team Emirates, +18
4. Remco Evenepoel, Soudal Quick-Step, +46
5. Wilco Kelderman, Jumbo-Visma, +01:16
6. Romain Bardet, Team DSM, +01:29
7. Rigoberto Uran, EF Education-EasyPost, +01:54
8. Cian Uijtdebroeks, BORA-hansgrohe, +01:57
9. Dylan Teuns, Israel-Premier Tech, +03:00
10. Harold Tejada, Astana Qazaqstan Team, +03:48


COMMENTS