Hari Ini Pengambilan Starter Kit Mulai 17.00 WIB, Jangan Lupa Install Race Map

Event ultra cycling baru dari Mainsepeda, Three Islands Journey siap digelar, Jumat-Minggu 16-18 Juni 2023. Sebelum itu, para peserta wajib datang pada pengambilan starter kit collection sekaligus mengikuti technical meeting (TM) yang digelar panitia, Kamis 15 Juni 2023.

Pengambilan starter kit bisa dilakukan mulai pukul 17.00 WIB. Lokasi pengambilannya di selasar samping Wdnsdy Cafe di Surabaya Town Square, Jalan Hayam Wuruk No. 6 Surabaya. 

Setelah itu, pada pukul 18.00 WIB panitia menggelar technical meeting di lobi kantor DBL Indonesia, tepat di atas pengambilan starter kit collection. Regulasi terkait lomba kembali dijelaskan di technical meeting tersebut. (Regulasi Three Islands Journey bisa dibaca di sini). 

Termasuk di sana akan disampaikan soal penggunaan race map. Ya, Three Islands Journey 2023 akan memanfaatkan teknologi race map sebagai live tracker. Jadi, pastikan para peserta menginstall aplikasi race map di ponsel. Bisa melalui ponsel berbasis Android maupun iOS.

Dengan sudah menginstall race map, peserta nanti tinggal melakukan scan QR untuk tersambung ke race map Three Islands Journey 2023. Di sana peserta perlu mengisi nama lengkap dan nomor BIB.


Desain jersey yang akan digunakan peserta di Three Islands Journey 2023.

Start Jumat 16 Juni 2023 dari Surabaya Town Square (Sutos) di Jalan Hayam Wuruk No. 6 Surabaya dan berakhir Minggu 18 Juni 2023 di Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Event ini bakal digelar dalam tiga etape. Etape pertama start dari Sutos, Jumat pagi, 16 Juni 2023 pukul 05.30 WIB. Di etape pertama ini, peserta akan gowes sejauh 282 km menuju Hotel Manyar di Banyuwangi. Sebelum itu, peserta akan melewati titik check point  di Utama Raya, Situbondo.

Peserta akan menuju ke check poin 2 di Hotel Manyar, sebelum berangkat menyeberang bersama-sama dengan kapal Feri ke Pulau Bali. Di sana disediakan fasilitas beberapa kamar yang bisa digunakan peserta untuk membersihkan diri dan mandi.

Setelah itu peserta akan menyeberang bersama dengan kapal Feri. Penyeberangan ada beberapa kloter dan terakhir pukul 19.00 WIB. Jika lewat dari itu, peserta masih diberi kesempatan menyeberang sendiri. Dengan catatan peserta bisa mencapai titik finis etape pertama di Bumi Perkemahan Bali Barat sebelum pukul 00.00 WITA (23.00 WIB). Jika sampai Bumi Perkemahan Bali Barat lewat dari pukul 00.00 WITA, peserta dinyatakan did not finish (DNF).

Setelah menyeberang sampai Pulau Dewata, peserta kembali gowes 3,7 km menuju finis etape pertama di Bumi Perkemahan Bali Barat. Di sana peserta akan camping bersama untuk istirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan etape kedua. 

Etape kedua, Sabtu 17 Juni 2023 dimulai pukul 04.00 WITA. Peserta akan gowes sejauh 200 km. Dari Bumi Perkemahan Bali Barat menuju Padang Bai. Sebelum itu peserta akan melewati check point di Warung Makan Taman Sari Singaraja, di KM 98,5.

Di etape kedua ini, panitia menetapkan cut off time (COT) pukul 18.00 WITA di Padang Bai. Sebab peserta akan diberangkatkan menyeberang ke Pulau Lombok dari Pelabuhan Padang Bai pada pukul 18.00 WITA. Jika melewati COT pukul 18.00 WIT, otomatis peserta dinyatakan DNF.

Sesampai di Pelabuhan Lembar, Lombok peserta akan dibawa ke Raja Hotel Kuta Mandalika. Bersama-sama naik bus yang disediakan oleh penitia. Sementara sepeda akan diangkut menggunakan armada khusus. Etape kedua berakhir di sini.

Berikutnya, etape terakhir atau etape ketiga dimulai dengan gowes keliling Lombok sejauh 76 km. Menikmati keindahan alam di Pulau Lombok. Gowes akan start di Raja Hotel Kuta Mandalika pukul 06.00 WITA dan finis di Sirkuit Mandalika. Di Sirkuit Mandalika, peserta diajak ngeloop dengan jarak 8 km. Jadi total di etape ketiga peserta gowes dengan sejauh 84 km.

Setelah gowes bersama di Sirkuit Mandalika, acara diakhiri dengan seremoni penyerahan trofi untuk para finisher. Setelah itu peserta dibebaskan kembali gowes di dalam sirkuit. Sepuasnya! (mainsepeda)


COMMENTS