Stefan Kung Menangi Time Trial Pembukaan Tour de Suisse 2023

Criterium du Dauphine 2023 resmi berakhir dengan juara umumnya, Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma). Di waktu yang bersamaan, agenda balapan yang juga sama-sama dijadikan pemanasan sebelum Tour de France, Tour de Suisse 2023 dimulai pada Minggu, 11 Juni 2023.

Dan, Stefan Kung dari Groupama-FDJ berhasil menjadi juara di etape pembukaan yang menyajikan time trial. Hasil ini termasuk sedikit di luar prediksi banyak pengamat.

Sebelumnya banyak yang memprediksi time trial pembukaan Tour de Suisse 2023 ini menjadi ajang pertarungan dua pembalap Belgia, Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) dan Wout van Aert (Jumbo-Visma). Namun nyatanya mereka harus puas di posisi kedua dan ketiga.

Kung punya catatan waktu 13:31 enam detik lebih cepat dari Evenepoel. Serta 10 detik lebih cepat dari Van Aert. Pembalap Swiss itu terkesan dengan hasil yang diraihnya.

"Ini dua tahun lamanya setelah saya tak pernah lagi berada di lima besar hasil time trial. Jadi kemenangan ini sangat melegakan. Apalagi menang di depan rumah sendiri. Ditonton masyarakat Swiss, keluarga, istri dan putra saya. Sungguh menakjubkan," ujar Kung usai balapan.

Kung mengaku tak punya banyak waktu latihan usai turun di Giro d'Italia. "Dari Giro ke Tour de Suisse, itu waktu yang cukup singkat. Saya melakukan beberapa latihan ketinggian dan saya harus bekerja sangat keras," imbuhnya. Kehadiran keluarga dan teman-temannya di Tour de Suisse membuat motivasinya berlipat.

Kung berupaya mendapatkan hasil terbaik di klasemen general classification.  "Saya akan berjuang sekuat tenaga. Sejujurnya saya tidak bisa berjanji apapun, tapi yang pasti saya akan berjuang untuk itu," ungkapnya. 

Tentu tidak mudah bagi Stefan Kung. Modal berlaga di rumah sendiri tak cukup. Apalagi Evenepoel pasti akan memberi tekana yang luar biasa.

Belum lagi ada pembalap unggulan lainnya, Juan Ayuso dari UEA Team Emirates. Ia juga berada di posisi yang baik setelah finis di urutan ke-10 dengan catatan waktu 25 detik.(mainsepeda)

Hasil Etape Pertama Tour de Suisse 2023 (Top 10)
1. Stefan Kung, Groupama-FDJ, 13:31
2. Remco Evenepoel, Soudal Quick-Step, +6
3. Wout Van Aert, Jumbo-Visma, +10
4. Magnus Sheffield, Ineos Grenadiers, +11
5. Johan Price-Pejtersen, Bahrain Victorious +17
6. Mattias Skjelmose Jensen, Trek-Segafredo, +19
7. Stefan Bissegger, EF Education-EasyPost, + 20
8. Matteo Sobrero, Team Jayco-AlUla, + 20
9. Kasper Asgreen, Soudal Quick-Step, +23
10. Juan Ayuso, UAE Team Emirates, +25

Saksikan Race Commentary Bromo KOM 2023 yang Super Kocak!


COMMENTS