Gagalkan Sam Bennett, Christophe Laporte Juara Etape 3 Criterium du Dauphine


Selebrasi Christophe Laporte di Garis Finis Etape ke-3

Christophe Laporte (Jumbo-Visma) raih kemenangan kedua di Criterium du Dauphine 2023. Itu setelah ia menjuarai di etape ke-3, yang sempat diwarnai kecelakaan di Le Coteau.

Balapan di etape ke-3 memang diwarnai sejumlah insiden kecelakaan. Salah satunya menimpa Julian Alaphilippe (Soudal-QuickStep). Awalnya, di km 55, Julian Alaphilippe memimpin timnya Soudal-QuickStep di depan. Disusul Christophe Laporte (Jumbo-Visma) yang terus membuntuti dari belakang.

Setelah itu, sekitar 7 km kemudian, Alaphilippe yang sedang memimpin balapan terjatuh di tengah peloton. Beberapa pembalap dari Team DSM dan Alpecin-Deceuninck juga ikut tersungkur. Bahkan, Andrey Zeits dari Astana Qazaqstan terpaksa meninggalkan balapan karena cedera yang dialaminya.

Kecelakaan ini mengakibatkan balapan sempat terhenti hingga 20 menit, akibat jalan tertutup oleh beberapa pembalap yang terjatuh di tengah rute. Banyak pembalap yang tertahan di Cote de Pinay.

Drama bagi Alaphilippe masih berlanjut. Ia mengalami kendala pada sepedanya saat balapan tersisa 7 km jelang garis finis. Alaphilippe sempat mengganti sepedanya di tengah balapan.


Adu Sprint di 500 Meter Terakhir Jelang Finis

Insiden kecelakaan juga terjadi di 3 km terakhir jelang finis. Setelah itu juga terjadi kecelakaan lagi di 1,5 km akhir. Saat itu, para pembalap dari Bora-Hansgrohe berhasil memimpin di depan. Sebelum Laporte kemudian berhasil memanfaatkan ruang kosong. Ia melesat melewati Dylan Groenewegen (Jayco-Alula) dan Sam Bennett (Bora-Hansgrohe) untuk mengunci kemenangan etape 3.

Pembalap asal Prancis itu melakukan sprint menuju garis finis tepat ketika tim Bora-Hansgrohe membukakan jalan untuk Bennett. Laporte berhasil memanfaatkan momen tersebut kemudian diikuti oleh Groenewegen yang berakhir di posisi ketiga.

Satu jam setelah finis, Sam Bennett dan Dylan Groenewegen terjadi perubahan podium. Bennett dan Groenewegen didiskualifikasi. Mereka dianggap melanggar aturan di akhir balapan yang menyebabkan kecelakakaan.

Kemenangan Laporte di etape ke-3 merupakan kemenangan keduanya di Criterium du Dauphine 2023. Sebelumnya Laporte meraih kemenangan di etape ke-1, di Chambon-Sur-Lac. Hasil etape ketiga ini mengukuhkan posisi Laporte di klasemen sementara general classification. Ia juga punya tambahan bonus waktu 10 detik.

Posisi kedua etape 3 akhirnya diraih Matteo Trentin (UEA Team Emirates). Lalu Milan Menten (Lotto-Dstny) ditetapkan sebagai pemenang ketiga.

“Saya menunggu momen untuk melakukan sprint. Saat saya melihat Groenewegen terhalang di sisi kiri, saya memanfaatkan sisi lainnya dan berhasil,” ujar Laporte usai balapan.(mainsepeda)

Hasil Etape 3 Criterium (Top Ten)

1. Christophe Laporte, Jumbo-Visma, 4:43:28
2. Marco Trentin, UEA Team Emirates, "
3. Milan Menten, Lotto Dstny, "
4. Hugo Hofstetter, Team Arkea Samsic, "
5. Matevs Govekar, Bahrain-Victorious,"
6. Tobias Bayer, ALpecin-Deceuninck, "
7. Axel Zingle, Cofidis, "
8. Madis Mihkels, Intermache-Circus-Wanty, "
9. Martin Urianstad, Uno-X Pro Cycling Team, "
10.Danny Van Poppel, Bora-Hansgrohe, "

General Classification

1. Christophe Laporte, Jumbo-Visma, 12:21:28
2. Julian Alaphilippe, Soudal-QuickStep, +11 detik
3. Richard Carapaz, EF Education-Easypost, +17
4. Rune Herregodst, Intermache-Circus-Wanty, +19
5. Maxim Van Gils, Lotto Dstny, +23 
6. Fred Wright, Bahrain-Victorious, "
7. Marco Brenner, Team DSM, "
8. Edvald Boasson Hagen, Total Energies, "
9. Tobias Halland Johannessen, Uno-X Pro Cycling Team, "
10.Axel Zingle, Cofidis, "

Jangan lupa saksikan Podcast Mainsepeda terbaru


COMMENTS