Bromo KOM Tuntas, Lanjut Coba Ultra Cycling di Three Islands Journey

Booth pendaftaran event ultra cycling Mainsepeda, Three Islands Journey yang dibuka selama gelaran Antangin Bromo KOM Challenge, 25-27 Mei 2023 ternyata mendapatan respon positif. Para peserta Antangin Bromo KOM Challenge 2023 banyak yang memanfaatkan kesempatan itu untuk mendaftar Three Islands Journey.

Rata-rata para pendaftar Three Islands Journey di kesempatan itu merupakan cyclist yang ingin mencoba tantangan baru, yakni mengikuti event ultra cycling. Salah satunya Agus Mardi Santoso.

Three Island Journey menjadi even ultra cycling pertama bagi Agus. Namun, ia sudah berpengalaman bersepeda jarak jauh. Ia beberapa kali gowes 300 Km. Oleh karena itu, Agus mengaku fisiknya sudah siap. Sepedanya juga telah ready menjelajah.

“Saya pengen sepedaan ke Sumbawa. Kebetulan saya sedang cuti. Niatnya ikut Three Island Journey memang pure pengen liburan. Nikmati pemandangan juga. Izin juga sudah dapat. Jadi tinggal gas ayok aja,” kata Agus. 


Agus Mardi Santoso saat mengikuti Antangin Bromo KOM Challenge 2023.

Selain Agus ada juga Hendi Dwi Permana. Ia mendaftar Three Islands Journey usai melahap tantangan Antangin Bromo KOM Challenge 2023.

“Ini akan menjadi event ultra pertama saya. Saya daftar karena infonya kan ini event ultra cycling yang ramah untuk pemula. Apalagi ini event-nya Mainsepeda. Jadi saya yakin semuanya akan aman dan terorganisir dengan baik,” ujarnya.


Hendi Dwi Permana foto di depan Pendopo Wonokitri, usai finis di Antangin Bromo KOM Challenge 2023, 27 Mei 2023.

COT Hari Pertama di Camping Ground Pukul 00 WITA

Untuk mengakomodir masukan para peserta, terutama cyclist yang baru mencoba ultra cycling, panitia Three Islands Journey juga menerapkan aturan baru terkait cut off time (COT). Terutama menyangkut COT hari pertama. COT akhirnya diputuskan pukul 00.00 WITA di camping ground yang ada di Bumi Perkemahan Taman Nasional Bali Barat.

Jika sebelum pukul 00 WITA peserta sudah sampai di camping ground, maka ia dinyatakan lolos COT. Peserta bisa bersama-sama melanjutkan perjalanan hari kedua. Namun jika peserta datang di camping ground lewat pukul 00.00 WITA, maka ia dinyatakan did not finish atau DNF.

Sebelumnya, COT hari pertama ditentukan berdasarkan waktu keberangkatan kapal. Dengan aturan baru itu, peserta yang ketinggalan kapal di hari pertama, masih bisa melajutkan tantangan Three Islands Journey dengan mencari penyeberangan sendiri. Dengan catatan mereka harus bisa sampai camping ground sebelum pukul 00 WITA.

Peserta wajib menginap di camping ground. Mereka baru diperbolehkan lagi berangkat sendiri atau bersama-sama mulai pukul 4 WITA. Nah, baru COT hari kedua tetap berdasarkan jadwal kapal yang akan membawa peserta menyeberang dari Pulau Bali ke Lombok. Jadwal kapal itu pukul 18.30 WITA.

Baca Juga: Three Islands Journey - Finish dengan Pesta Gowes di Sirkuit Mandalika

Three Islands Journey merupakan event ultra cycling baru dari Mainsepeda yang bersifat self supported. Total, peserta akan bersepeda hampir 600 km. Total menanjak memang hampir 4.000 meter.

Event yang digelar 16-18 Juni 2023 itu bakal menyuguhkan ending yang berkesan. Start dari Surabaya, melintasi Pulau Bali, lalu peserta akan mengakhiri rute di Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB). Bukan sekadar finis, peserta bakal bisa gowes sepuasnya di sirkuit MotoGP tersebut.

Pendaftaran Three Islands Journey ditutup 31 Mei 2023. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Defi melalui nomor 0812-2280-8035 (mainsepeda)

Penasaran dengan keseruan rute Three Islands Journey? Simak di Podcast Mainsepeda di bawah ini:


COMMENTS