Peserta Asal Brasil Jadi Debutan, Cyclist Jerman Ulangi Tantangan

Antangin Bromo KOM Challenge 2023 tak hanya menarik perhatian cyclist dari dalam negeri. Dari tahun ke tahun selalu ada cyclist dari mancanegara yang ikut. Tahun ini salah satu yang terjauh ada dari Jerman dan Brasil.

Dari Negeri Samba, ada cyclist bernama Nilton Pedro Vieira. Ia ikut men age category 50-54. “Saya seharusnya ikut tahun lalu, namun beberapa hari sebelum event saya harus mundur karena urusan pekerjaan. Jadi ini akan menjadi debut saya di Bromo KOM,” kata Nilton Pedro.

Nilton sendiri sudah tinggal di Indonesia selama kurang lebih 14 tahun. Ia bekerja di salah satu perusahaan multinasional di daerah Pasuruan. Jadi bagi Nilton, Bromo bukan hal baru.

“Ya saya pernah ke Bromo beberapa kali, tapi untuk berwisata bersama keluarga dan karena pekerjaan. Tapi kalau untuk gowes baru kali ini," ujarnya. 

Nilton sudah lama menekuni olahraga sepeda. Tapi selama ini ia banyak gowes dengan sepeda gravel dan MTB. Ia juga bergabung dengan komunitas sepeda ekspatriat yang berbasis di Jakarta. Komunitas ini berisi tenaga kerja asing yang hobi bersepeda.

“Di Indonesia saya pernah gowes dari Bali menuju Jakarta. Sebenarnya saya lebih suka menggunakan sepeda Gravel atau MTB, namun karena banyak teman yang mengajak di event ini akhirnya saya tertarik,” jelasnya.

Nilton ikut Antangin Bromo KOM Challenge 2023 bersama enam temannya. "Saya ingin bersenang-senang di event ini bersama teman-teman. Saya dengar Bromo KOM itu berat. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk bisa finis bersama teman-teman,” imbuhnya.

Di hari kedua pengambilan starter kit juga ada Warga Negara Asing (WNA) lain yang datang. Dia adalah Joerg Sauer asal Jerman. Ia sudah dua kali ikut Bromo KOM Challenge. Ia tertarik mengulangi Bromo KOM karena tantangannya. 

"Bromo KOM itu menantang. Cuaca di Surabaya kan lebih panas daripada di Jakarta. Dan utamanya, tanjakan Bromo KOM itu lebih ngeri daripada menanjak ke Bogor. Harus benar-benar mengelola stamina," ucapnya.

Baca Juga: Cyclist Australia Ini Tak Sabar Taklukkan Antangin Bromo KOM Challenge 2023

Antangin Bromo KOM Challenge 2023 diikuti total 1.600 peserta. Mereka datang dari 600 komunitas atau tim yang berasal dari 163 kota/kabupaten di 36 provinsi di Indonesia. Ada juga peserta yang datang dari 5 negara. 

Antangin Bromo KOM Challenge 2023 dipersembahkan oleh Mainsepeda.com dan Antangin. Disponsori oleh Counterpain, Kahf, Azawear, SUB Jersey.

Acara ini juga disupport oleh Strive, MPM Distributor Honda, Super O2, KAI (Kereta Api Indonesia), Mayapada Hospital, Azrul Ananda School of Suffering, Wdnsdy Bike, Johnny Ray Cycling, Pemkot Surabaya, BanggaSurabaya, Polda Jawa Timur, Pemkab Pasuruan, Pemkot Pasuruan, Suara Surabaya, Surya, Tribun Jatim, dan Disway.id National Network.(mainsepeda)

Download GPX Bromo KOM 2023: https://bit.ly/RUTEBROMOKOM2023
Jangan lupa tonton podcast mainsepeda episode 133


COMMENTS