Juara Etape 10 Giro d'Italia, Magnus Cort Lengkapi Gelar Grand Tour


Selebrasi Magnus Cort ketika memenangkan etape ke-10

Magnus Cort (EF Education-Easypost) berhasil meraih kemenangan di Etape ke-10 Giro d’Italia. Cort berhasil menyalip peloton pemimpin dan finis di Viareggio.

Ini juga sekaligus kemenangan Giro pertama bagi pembalap asal Denmark itu.

Cort menjadi juara pertama disusul Derek Gee (Israel-Premier Tech) dan Alessandro De Marchi (Jayco-Alula). Ketiga pembalap ini memimpin balapan di pertengahan etape Passo delle Radici.

Balapan sendiri dimulai dari Scandiano, dan finis di Viareggio. Rute berjarak 196 km dengan elevasi rata-rata 8 persen. Cuaca hujan menjadi tantangan tersendiri bagi pembalap yang turun di etape ke-10. 

Unggul dua menit di depan peloton pemimpin ketika balapan tersisa 30 km menjelang finis.  Persaingan podium etape ke-10 pun akhirnya hanya antara tiga pembalap terdepan. Cort, Gee, dan De Marchi.

Tiga pembalap terdepan terus bersaing memperebutkan juara hingga 1.500 meter tersisa. Gee melancarkan serangan pertama. Kemudian Cort terus menempel De Marchi. Akhirnya membukakan jalan Gee memimpin balapan.

Menjelang finis di lintasan terakhir, Cort melakukan serangan untuk menyalip Gee. Berhasil. Akhirnya Cort memimpin balapan hingga garis finis.

Cort telah memenangkan dua etape di Tour de France (2022) dan enam etape di Vuelta a Espana (2016, 2020, 2021). Dengan kemenangan pertamanya di Giro hari ini sekaligus membuat Cort melengkapi gelar juara etape di Grand Tour.


Magnus Cort ketika memimpin balapan menuju finis

"Saya sangat senang. Hari ini adalah hari yang sulit, salah satu etape tersulit yang pernah saya rasakan, dan berakhir dengan kemenangan adalah hal yang luar biasa," ujar Cort dilansir dari Cyclingnews.

Cort mengatakan, etape 10 sempat menyuguhkan pertarungan besar di dalam peloton. "Tim kami terus berusaha mengikuti peloton pemimpin hingga puncak tanjakan dan terus mencari peluang menembus peloton sepanjang balapan. Saya tidak ingat kapan terakhir kali saya merasakan balapan layaknya hari ini,” ucap Cort.

Rekan satu negara Cort, Denmark Mads Pedersen (Trek-Segafredo) memimpin peloton dan finis 51 detik kemudian. Ia meraih posisi keempat di depan Jonathan Milan (Bahrain Victorious)

Tidak terjadi perubahan besar di general classification, Geraint Thomas (Ineos Grenadiers) berhasil mempertahankan jersey pink yang ditinggalkan Remco Evenepoel (Soudal-Quickstep) karena Covid-19.

Di awal balapan Aleksandr Vlasov (Bora-Hansgrohe) yang berada di urutan ke-6 GC harus meninggalkan balapan karena terjatuh di kilometer awal.

Di akhir etape, Jay Vine (UEA Team Emirates) yang berada di posisi ke-10 mengalami kecelekaan ketika turunan tanjakan Passo dell Radici. Ini sekaligus memupuskan harapannya untuk masuk di jajaran atas GC setelah finis bersamaan peloton kedua dengan selisih waktu tujuh menit dari peloton pemimpin.(mainsepeda)

Hasil Etape ke-10 Giro d'Italia (Top Ten)

1. Magnus Cort Nielsen, EF Education-EasyPost, 4 jam 51 menit 15 detik
2. Derek Gee, Israel-Premier Tech, "
3. Alessandro De Marchi, Jayco-AIUla, +2 detik
4. Mads Pedersen, Trek-Segafredo, +51 detik
5. Pascal Ackermann, UAE Team Emirates. "
6. Stefano Oldani, Alpecin-Deceuninck, "
7. Jonathan Milan, Bahrain Victorious, "
8. Mark Cavendish, Astana-Qazaqstan, "
9. Mirco Maestri, Eolo-Kometa, "
10. Filippo Fiorelli,Green Project-Bardiani, "

GENERAL CLASSIFICATION (Top Ten)

1. Geraint Thomas, Ineos Grenadiers, 39 jam 26 menit 33 detik
2. Primoz Roglic, Jumbo-Visma, +2 detik
3. Tao Geoghegan Hart, Ineos Grenadiers, +5 detik
4. João Almeida, UAE Team Emirates, +22 detik
5. Andreas Leknessund, Team DSM, + 35 detik
6. Damiano Caruso, Bahrain Victorious, +1 menit 28 detik
7. Lennard Kamna, Bora-Hansgrohe, +1:52
8. Pavel Sivakov, Ineos Grenadiers, +2:15
9. Edward Dunbar, Jayco-AIUla, +2:32
10. Thymen Arensman, Ineos Grenadiers, "


COMMENTS