Juara Etape 9 dan Rebut Pink Jersey, Evenopoel Keluar Giro Akibat Positif Covid


Remco Evenopoel ketika mengejar waktu di  ITT

Remco Evenopoel (Soudal-Quickstep) berhasil meraih kemenangan di etape 9 Giro d’Italia Individual Time Trial (ITT). Sayangnya, ini menjadi kemenangan terakhir Evenopoel di Giro d’Italia 2023. Pembalap asal Belgia itu harus meninggalkan balapan karena positif Covid-19.

Kemenangan hari ini sekaligus membuat Evenopoel berhak menggunakan jersey pink di Giro d’Italia 2023. Dia berhasil mengambil alih jersey pink setelah Andreas Leknessund (Team DSM) harus puas berada di urutan ke-19 dengan catatan waktu 1 menit 15 detik dibelakang Evenopoel.

Pembalap Belgia itu hanya berhasil unggul satu detik dari Geraint Thomas (Ineos Grenadiers). Dua detik dari Tao Geoghegan Hart (Ineos Grenadiers). Serta 17 detik dari pesaing utamanya Primoz Roglic (Jumbo-Visma).

"Saya pikir saya tidak mengatur kecepatan dengan baik. Saya memulai terlalu cepat dan bagian kedua saya sangat buruk. Ini adalah kemenangan etape lain, jadi itu sangat bagus tapi itu bukan time trial terbaik yang pernah saya lakukan. Saya rasa kami harus senang bahwa kami kembali meraih kemenangan etape dan mendapatkan jersey pink. Tapi hari ini sangat ketat." Kata Evenopoel setelah balapan, sebelum dinyatakan positif Covid-19.

Evenopoel bakal cepat dikudeta oleh para pesaingnya di klasemen General Classification (GC). Sebab pembalap asal Belgia itu gagal memberikan perbedaan waktu yang jauh dari para pesaing terdekatnya di GC.

Evenepoel memimpin 45 detik atas Thomas dan Roglic yang berada di posisi ketiga dengan 47 detik. Sementara Geoghegan Hart berhasil menyalip Joao Almeida (UEA Team Emirates) di urutan keempat dengan waktu 50 detik. Dan, Lekneussund saat ini berada di urutan keenam dengan catatan waktu yang sama dengan pembalap asal Portugal tersebut.

“Hari ini mungkin bukan ITT terbaik saya, saya kehilangan jersey pink. Tapi saya puas dengan catatan waktu yang saya dapat, dan kekalahan hari ini sesuai dengan dugaan saya sebelum balapan dimulai,” ujar Leknessund.


Evenopoel ketika menggunaka Maglia Rosa (Jersey Pink) penanda pemimpin GC

Sayangnya satu jam setelah kemenangannya di Giro d’Italia Evenopoel dipastikan harus meninggalkan balapan lebih awal karena hasil tes menunjukan dia positif Covid. Evenopoel pun harus merelakan jersey pink yang baru saja ia raih kembali ke para pesaing terdekatnya.

Geraint Thomas (Ineos Grenadiers) yang ada di posisi kedua GC berpeluang besar merebut jersey pink itu.

Evenopoel akan kembali ke Belgia dan mendapatkan perawatan lebih lanjut. Ini merupakan pukulan yang telak bagi timnya Soudal-Quickstep. Di Giro d’Italia tahun ini Evenopoel sebenarnya adalah salah satu pembalap yang diunggulkan untuk meraih juara.

Ia dinyatakan positif Covid setelah tes rutin yang dilakukan oleh timnya, “Saya sangat kesal harus meninggalkan balapan. Saya menjalani tes karena merupakan salah satu protokol dari tim saya adalah tes rutin Covid, tapi sayangnya hasil tes saya positif,” ungkapnya.

Evenopoel berterima kasih kepada seluruh tim dan staf yang telah melakukan berbagai persiapan untuk Giro. "Saya tetap akan mendukung mereka selama dua minggu ke depan,” tutupnya.

Berdasarkan rilis tim, semua staf dan pembalap lainya dinyatakan negatif Covid. Evenopoel bukan pembalap pertama yang meninggalakn Giro d'Italia 2023 karena Covid-19. Sebelumnya Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) menjadi satu dari beberapa pembalap lainnya yang harus meninggalkan Giro karena dinyatakan positif Covid-19.(mainsepeda)

Hasil Giro d'Italia Etape 9 ITT (Top Ten)

1. Remco Evenepoel, Soudal Quick-Step, 41 menit 24 detik
2. Geraint Thomas, Ineos Grenadiers, +1 detik
3. Tao Geoghegan Hart, Ineos Grenadiers, +2
4. Stefan Kung, Groupama-FDJ, +4
5. Bruno Armirail, Groupama-FDJ, +8
6. Primoz Roglic, Jumbo-Visma, +17
7. Thymen Arensman, Ineos Grenadiers, +24
8. Aleksandr Vlasov, Bora-Hansgrohe, +30
9. João Almeida, UAE Team Emirates, +35
10. Damiano Caruso, Bahrain Victorious, +42

GENERAL CLASSIFICATION 
1. Remco Evenepoel, Soudal Quick-Step, 34 jam 33 menit 42 detik
2. Geraint Thomas, Ineos Grenadiers, +45 detik
3. Primoz Roglic, Jumbo-Visma, +47
4. Tao Geoghegan Hart, Ineos Grenadiers, +50
5. Joao Almeida, UAE Team Emirates, 1 menit 7 detik
6. Andreas Leknessund, Team DSM, "
7. Aleksandr Vlasov, Bora-Hansgrohe, +1:48
8. Damiano Caruso, Bahrain Victorious, +2:13
9. Lennard Kamna, Bora-Hansgrohe, +2:37
10. Pavel Sivakov, Ineos Grenadiers, +3:00

Jangan lupa tonton video cek rute Bromo KOM Challenge 2023


COMMENTS