Farhan Syahid, dari Bangka Tertantang Taklukkan Three Islands Journey


Farhan dalam sebuah kesempatan gowes menuju pantai Tanjung Tinggi, Belitung.

Muhammad Farhan Syahid asal Bangka begitu antusias ketika mainsepeda mengumumkan segera membuka pendaftaran event ultra cycling-nya yang kedua, Three Islands Journey 2023. Ia langsung mengirim direct message (DM) ke Instagram mainsepeda. Ia menanyakan detail event tersebut.

"Senior saya yang memperkenalkan saya bersepeda dahulu menginfokan ada event Three Islands Journey. Saya tertarik dan sekarang mulai latihan ,” kata cyclist 26 tahun itu.

Farhan sebenarnya juga penasaran mengikuti Bromo KOM Challenge. Tapi ia merasa masih belum mampu menaklukan Bromo. Farhan akhirnya memutuskan mengikuti Three Islands Journey. Ia tertarik dengan konsep event itu.

“Sekarang ini saya mulai rutin bersepeda dengan jarak 250 kilometer tiap minggunya. Selain fisik saya juga mempersiapkan gear, sepeda, dan berbagai persiapan lainnya untuk ikut event Three Islands Journey,” ujar Farhan. 

Farhan sendiri bersepeda sejak 2019. Berawal dari diajak seniornya di kantor tempatnya bekerja. Kala itu Farhan masih tinggal dan bekerja di Belitung. “Saya bisa dibilang juga cyclist produk pandemi, tapi sebelum bersepeda saya rutin olahraga lari,” katanya.

Awalnya Farhan bersepeda menggunakan Mountain Bike (MTB). Sampai kemudian seniornya di kantor memperkenalkan Farhan dengan sepeda road bike. “Saya suka road bike karena lebih enak untuk gowes harian dan rasanya lebih simpel," ungkapnya.

Ketika makin aktif gowes, Farhan pun menambah teman dengan bergabung ke komunitas Gowes Bebas Belitong (GBB). Di komunitas inilah Farhan banyak belajar cara bersepeda yang benar. Juga soal komponen sepeda, dan berbagai macam ilmu ia dapat dari rekannya di GBB.


GGB ketika gowes merayakan agenda ulang tahun kelima

Gowes Bebas Belitong sendiri sudah terbentuk sejak 2017 lalu. GBB punya agenda gowes tiap minggu dengan rute sepanjang 60 km. Start dari Tanjung Pandan, menuju Sijuk, Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, dan finis kembali Tanjung Pandan.

Farhan kini sudah tidak bergabung dengan GBB. Pekerjaan memaksanya pindah ke Bangka di akhir 2022 lalu.

Farhan sempat vakum berolahraga sepeda dan kembali ke olahraga lari. Tapi kini ia kembali bersemangat olahraga sepeda karena berencana mengikuti event Three Islands Journey.(mainsepeda)


COMMENTS