Giro d'Italia 2023: Menangi Time Trial, Remco Evenepoel Rebut Etape 1

Remco Evenepoel (Soudal Quick-Step) mengeluarkan kemampuan terbaiknya di Giro d'Italia 2023 sejak awal. Evenepoel yang tak banyak diprediksi bakal langsung "tancap gas" di etape pertama ternyata malah juara etape pertama.

Etape pertama Giro d'Italia sendiri menyuguhkan time trial pembuka dengan jarak cukup panjang, 19,6 km. Awalnya banyak yang memprediksi pembalap time trial tuan rumah Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) yang akan merebut jersey pink perdana. Selain Ganna, Stefan Kung (Groupama-FDJ) termasuk yang banyak difavorit juara etape pertama.

Namun Evenepoel memberikan peringatan serius kepada rival-rivalnya. Juara TT Belgia itu bisa finis 22 detik di depan Filippo Ganna. Pembalap yang digadang-gadang menjadi pesing Evenepoel di GC, Primoz Roglic (Jumbo-Visma) malah ketinggalan 43 detik. Ia finis urutan enam.

Dengan mengenakan skinsuit juara Belgia, Evenepoel keluar dari start dengan cepat. Pada cek poin pertama, Evenepoel sudah unggul 21 detik. Ia terus memperlebar jarak hingga finis dengan waktu 21:18.

Filippo Ganna sebenarnya berusaha semaksimal mungkin tetap berada di dekat Evenepoel. Namun ia masih kalah 22 detik, dan harus puas sebagai runner-up.

Sementara itu, João Almeida (UAE Team Emirates) memulai pertarungan GC-nya dengan baik. Ia finis di posisi ketiga dengan selisih waktu 29 detik dari Evenepoel.

Evenepoel berhasil mencatatkan waktu tercepat pada cek poin pertama dengan unggul 21 detik dari waktu tercepat sebelumnya. Jika dibandingkan dengan Roglic, Evenepoel unggul 27 detik di cek pertama. Sedangkan dengan Ganna unggul 12 detik.

Roglic makin jauh tertinggal dari Evenepoel -sampai 40 detik- sebelum jalanan naik turun di akhir lintasan. Sementara Ganna bisa menekan dengan hanya tertinggal 15 detik. Evenepoel terlihat memberikan sedikit waktu saat jalanan naik turun di akhir lintasan.

Balapan time trial pembukaan Giro d'Italia ini dilakukan di lintasan sepanjang 19,6 km. Antara Fossacesia dan Ortona. Sebagian besar rute adalah datar sebelum naik turun di akhir lintasan.



Rute dan segmen etape pertama Giro d'Italia.

 

Hasil Balapan Giro d'Italia Etape 1 (10 besar):

1. Remco EVENEPOEL, Soudal Quick-Step, 21:18
2. Filippo GANNA, INEOS Grenadiers, + 22
3. Joao ALMEIDA, UAE Team Emirates, + 29
4. Tao GEOGHEGAN HART, INEOS Grenadiers, + 40
5. Stefan KUNG, Groupama-FDJ, + 43
6. Primoz ROGLIC, Jumbo-Visma, + 43
7. Jay VINE, UAE Team Emirates, + 46
8. Brandon MCNULTY, UAE Team Emirates, + 48
9. Geraint THOMAS, INEOS Grenadiers, + 55
10. Aleksandr VLASOV, BORA-hansgrohe, + 55


COMMENTS