Tour de Romandie: Sprint Akhir Tentukan Kemenangan Ethan Vernon di Stage 1

Pembalap Soudal-QuickStep Ethan Vernon meraih kemenangan di stage 1 pertama Tour de Romandie. Ia sukses mengunci kemenangan setelah melakukan sprint kuat untuk meninggalkan peloton. Ia pun merebut jersey kuning dari rekan setimnya, Josef Cerny.

Hasil di stage 1 Tour de Romandie itu menempatkan Vernon meraih kemenangan keempatnya musim ini. Di posisi kedua, Thibau Nys (Trek-Segafredo) finis di depan Milan Menten (Lotto-Dstny). Sementara Romain Bardet (DSM) menempati posisi keempat, di depan Jacopo Mosca (Trek-Segafredo).

“Saya sudah meraih kemenangan tahun ini, tetapi tidak di WorldTour. Jadi menang lagi di level ini (WorldTour) rasanya menyenangkan. Apalagi ini kemenangan WorldTour kedua saya, setelah Catalunya tahun lalu,” jelas Vernon.

Jarak antar pembalap di stage pertama berubah setelah para pembalap Ineos Grenadiers melepaskan diri dengan cepat di tanjakan Fontanezier. Mereka mulai menjauh dari sebagian besar sprinter murni.

Vernon termasuk di antara sedikit sprinter yang bisa menahan para pembalap Ineos Grenadiers. Ia punya insting kuat di akhir untuk melakukan sprint dari jarak jauh.

Thibau Nys yang berada di posisi kedua mengakui Vernon cerdik. Ia kesulitan menutup celah pembalap Soudal-QuickStep itu. “Saat angin kencang dan sedikit menurun sulit untuk mengejar Vernon,” katanya Nys.

Vernon tahun ini meraih kemenangan perdana di Trofeo Palma. Lalu, ia meraih dua kemenangan di Tour of Rwanda. Sayang, pembalap 22 tahun itu sempat bermasalah dengan kesehatannya.

“Saya meraih tiga kemenangan di awal tahun, tapi kemudian sakit dan harus kembali mengembalikan kebugaran dan performa,” kata Vernon.

Sementara itu kabar lain dari Tour de Romandie, Mark Cavendish, Simon Yates, dan Rui Costa mengalami masalah kesehatan. Mereka tak bisa melanjutkan balapan.

Cavendish terpaksa tak melanjutkan balapan di 60 km sebelum finis etape 1 di Vallée de Joux. Astana-Qazaqstan kemudian mengeluarkan pernyataan bahwa Cavendish merasa tidak enak badan. Padahal Tour de Romandie sebenarnya dijadikan ajang persiapan terakhir Cavendish menjelang partisipasinya di Giro d'Italia bulan depan.

Sementara itu Simon Yates terpaksa keluar di awal etape. Ia mengalami masalah perut. Sedangkan Rui Costa tak dapat menyelesaikan etape pertama karena karena cedera lutut yang ia alami sejak balapan prolog. “Saya mengalami sedikit rasa sakit dan pembengkakan,” kata Rui Costa.(Mainsepeda)

 

Hasil Stage 1 Tour de Romandie (Top Ten)

1.Ethan VERNON, Soudal Quick-Step, 04:05:34

2. Thibau NYS, Trek-Segafredo, +00

3. Milan MENTEN, Lotto Dstny, +00

4. Romain BARDET, Team DSM, +00

5. Jacopo MOSCA, Trek-Segafredo, +00

6. Nick SCHULTZ, Israel-Premier Tech, +00

7. Lilian CALMEJANE, Intermarché-Circus-Wanty, +00

8. Clément VENTURINI, AG2R Citroën Team, +00

9. Ivo OLIVEIRA, UAE Team Emirates, +00

10. Quinten HERMANS, Alpecin-Deceuninck, +00

 

 


COMMENTS