Sepeda Sempat Bermasalah, Pogacar Juarai Amstel Gold Race 2023

Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) berhasil menjadi jawara di Amstel Gold Race 2023. Pogacar melakukan serangan beberapa kilometer menjelang finis. Ia mengaku megikuti saran Mathieu Van der Poel (Alpecin Deceuninck) juara Amstel Gold Race 2019.

Amstel Gold Race adalah balapan dengan rute sepanjang 253,6 km, dari Maastricht ke Berg en Terblijt. Di balapan ini cyclist harus berhadapan dengan cuaca yang sangat dingin. Mencapai 11 derajat celsius. Rute Amstel Gold Race juga memiliki 33 tanjakan menantang.

Tadej Pogacar mulai menunjukan kemampuan terbaiknya saat ia memasuki Cauberg. Di situ, Pogacar mulai menambah kecepatan. Menyalip sejumlah pembalap. Tiesj Benoot (Jumbo-Visma) yang ada di barisan depan sempat berusaha memperlebar jarak dengan Pogacar.

Nah, pada 72 kilometer menjelang finis mulai terbentuk peloton baru. Mereka bersaing menjadi yang terdepan, dan memisahkan diri dengan peloton di belakang. Peloton ini berisikan Pogacar, Thomas Pidcock dan Magnus Sheffield (Ineos-Grenadiers), Gianni Vermeersch (Alpecin-Deceuninck), Ben Healy (EF Education-EasyPost), Stan Van Tricht (Soudal -QuickStep), Lars van den Berg (Groupama-FDJ), Andreas Kron (Lotto-Dstny), Alexey Lutsenko (Tim Astana-Qazaqstan), Alex Zingle (Tim Cofidis), dan Kevin Geniets (Groupama-FDJ). Peloton ini memiliki keunggulan 47 detik dari peloton di belakang. Namun jarak ini berkurang menjadi 30 detik ketika memasuki Bemelerberg.

Pada 51,6 kilometer menjelang finis sempat terjadi kecelakaan akibat jalan licin. Dorian Godon (AG2R-Citroen), Søren Kragh Andersen (Alpecin-Deceuninck), Dries Devenyns (Soudal-QuickStep), dan tiga pebalap EF Education-Easypost menjadi korbannya.

Pogacar sempat mengalami masalah mekanis di sepedanya saat mencapai Kruisberg. Beruntung timnya UAE Team Emirates cepat menyiapkan sepeda baru untuk Pogacar.

Pembalap asal Slovenia itu segera mengejar ketertinggalanya. Pogi -begitu ia biasa disapai- kemudian menyerang di 36,6 kilometer menjelang finis. Ia berada tepat di belakang Pidcock dan Healy yang memimpin di depan.

Pada 29 kilometer menjelang finis Pogacar berhasil melancarkan serangan solo. Ia melewati Healy dan Pidcock. Di tanjakan Cauberg, Pogacar berhasil unggul hingga tiga puluh detik di depan.

Memasuki lima kilometer terakhir Amstel Gold Race, Pogacar memimpin 45 detik atas Healy. Sementara Pidcock tertinggal cukup jauh di belakang. Akhirnya Pogi berhasil merebut gelar juara Amstel Gold Race pertamanya dengan catatan waktu 06:02:02. Healy menyusul 38 detik kemudian dan Pidcock berhasil finis di posisi ketiga.

“Saya tidak percaya diri awalnya, namun saya mengerahkan seluruh kekuatan dari tubuh saya dan berhasil mencapai garis finis serta meraih kemenangan,” ujar sang juara Tadej Pogacar dilansir dari Roadcycling.com.

“Cukup lama sampai mobil pendukung tim datang, tetapi akhirnya saya dapat mendapatkan sepeda baru di saat-saat terakhir dan kembali balapan. Saran dari Van der Poel juga membantu saya, dia menyarankan saya untuk menyerang di Kettelberg. Semoga saya dan tim juga akan kembali melakukan hal hebat di Fleche Wallonne,” tutup Pogacar. (Mainsepeda)

Hasil Amstel Gold Race 2023 (top ten)

1. POGAČAR Tadej, UAE Team Emirates, 6:02:02

2. HEALY Ben, EF Education-EasyPost, +0:38

3. PIDCOCK Thomas INEOS Grenadiers, +2:14

4. KRON Andreas, Lotto Dstny, "

5. LUTSENKO Alexey, Astana Qazaqstan Team, "

6. BAGIOLI Andrea, Soudal - Quick Step, +3:14

7. VAN GILS Maxim, Lotto Dstny, "

8. SKJELMOSE Mattias, Trek - Segafredo, "

9. KAMP Alexander, Tudor Pro Cycling Team, "

10.ZINGLE Axel, Cofidis, "

Ikuti keseruan East Java Journey 2023 dalam dua video dokumenter yang sudah tayang di bawah ini

Part 1


Part 2


COMMENTS