Setahun Berdiri, Lollipop Cycling Club Makin Rajin Ikut dan Bikin Event Gowes

Ada salah satu komunitas cycling baru yang mayoritas anggotanya banyak tinggal di Karawaci, Tangerang. Namanya Lollipop Cycling Club (LCC). Komunitas itu terbentuk 12 Maret 2022 dan baru saja merayakan ulang tahun pertamanya.

Walaupun masih seumur jagung, tapi LCC terbilang cukup berkembang pesat. Mereka rajin mengikuti event. Mereka juga beberapa kali menyelenggarakan event.

Lollipop CC sebenarnya berawal dari komunitas Mountain Bike (MTB). Kemudian mulai beralih ke road bike karena beberapa anggota juga mulai nyaman menggunakan road bike.

Nama Lollipop sendiri sebenarnya diambil dari basis mereka yang terletak di Lippo Karawaci Loop, hingga tercetuslah nama Lollipop. Sesuai dengan namanya, Lollipop memiliki logo berbentuk permen dengan berbagai warna.

“Logo ini menggambarkan keberagaman yang ada di anggota kami. Di komunitas kami ada dari yang muda berumur 23 tahun hingga lansia, umurnya 70 tahun”, ujar Deddy Djaja Ria, koordinator Lollipop kepada Mainsepeda.

Keberagaman yang dimaksud Deddy adalah di komunitas ini mereka tidak memiliki batasan umur, gender, sampai ke merk sepeda. Jadi siapapun boleh bergabung asalkan memiliki hobi bersepeda.

Di ulang tahun pertamanya lalu Lollipop meluncurkan kartu member untuk anggota LCC dengan berbagai keuntungan baik yang berhubungan dengan sepeda maupun hal di luar sepeda, misalnya kuliner. Hal ini tentu tak lepas dari jumlah anggota Lollipop yang dalam waktu satu tahun sudah mencapai 107 anggota. Selama ini LCC memiliki beberapa agenda gowes, baik gowes harian, mingguan hingga bulanan.

“Kami mempunyai agenda di tiap sabtu-minggu yang kami sebut mini touring dengan jarak tempuh 50 km," terang Deddy.

Lollipop juga sempat mengikuti event amal pada 3-9 maret lalu yang diselenggarakan Greenfly CC bertajuk “Lombok Charity Ride”. Event tersebut diselenggarakan untuk mengumpulkan donasi bagi 1.500 guru dengan gowes sejauh 1.500 km dari Jakarta menuju Lombok.

“Keikutsertaan Lollipop di event itu dilatarbelakangi anggota kami yang awalnya ingin mencoba gowes endurance. Namun rasanya sayang kalau cuman gowes saja. Jadi kami memutuskan mengikuti event dari Greenfly yang menurut kami cukup menarik," terangnya.

Salah satu anggota Lollipop juga berpartisipasi di event East Java Journey (EJJ) 2023, yang diselenggarakan mainsepeda pada maret lalu. Ia adalah Indra Kurniawan yang berhasil menakhlukan rute 1200 km dan finis di posisi ke-19. Catatan waktunya 92 jam 3 menit 22 detik.

“EJJ merupakan pengalaman ke-3 mencoba rute di atas 1200 km. Ini mungkin yang terberat karena saya hanya berlatih kurang dari satu bulan. Sempat drop di hari kedua karena cuaca ekstrim tapi bersyukur saya bisa finis, ini semua tidak lepas dari dukungan teman-teman di LCC juga”, ujar Indra Kurniawan.

Yang terdekat LCC akan mengadakan event halal bihalal dengan tajuk "Gowes Silahturahmi". Digelar pada 1 Mei 2023 mendatang. Mereka mengundang tujuh komunitas sepeda di Tangerang. Berikutnya ada event gowes dari Banten menuju Cirebon, digelar Mei.

LCC juga akan melepas salah satu member mereka Royke Lumowa untuk gowes dari Jakarta menuju Paris pada 8 Juli 2023. Ditargetkan finis pada 26 Juli 2024. Gowes ini dilakukan Royke untuk membawa pesan perdamaian antarnegara dan menyebarkan pesan penyelamatan bumi serta kelestarian lingkungan.(Mainsepeda)   

Ikuti keseruan East Java Journey 2023 dalam dua video dokumenter yang sudah tayang di bawah ini

Part 1


Part 2

Nantikan keseruan video EJJ 2023 kategori 1.200 Km yang siap tayang pekan ini


COMMENTS