Ethan Hayter Mencatatkan Kemenangan Pertamanya Musim Ini di Tour Basque Country

 

Ethan Hayter (Ineos-Grenadiers) berhasil menjadi yang terdepan di etape ke-satu Tour Basque Country yang berlangsung (3/4) waktu setempat. Ini merupakan kemenangan pertama Ethan di tahun 2023.

Etape ke-satu Basque Country dimulai dari Vitoria-Gasteiz menuju Labastida dengan jarak 165.4km. Perlombaan dimuali dengan tanjakan menuju Opakua sejauh 7.1km dengan elevasi 5.8%, dan diakhiri dengan turunan tajam sejauh 30km untuk menuju ke garis finis.

Sebenarnya tim Soudal-Quickstep yang dikomandoi Mauro Schmid sempat memimpin saat tanjakan terakhir, namun Ineos-Grenadiers yang dipimpin Omar Fraile berhasil melakukan takeover dan membukakan jalan bagi Ethan untuk meraih kemenangan pertamanya di tahun ini.

Tiga puluh kilometer menjelang finis menjadi ajang para cyclist beradu sprint hingga garis finis. Balapan berakhir dengan Ethan Hayter (Ineos-Grenadiers) di posisi pertama, Mauro Schmid (Soudal-Quickstep) di posisi kedua, dan Jon Aberasturi (Trek-Segafredo) menyusul di posisi ketiga.

 

“Tim benar-benar sangat membantu saya dan saya sangat berterimakasih pada mereka. Balapan saya di Catalunya lalu mendapat hasil yang kurang baik dan sempat membuat mental saya sempat jatuh, namun hari ini saya meraih kemenangan pertama saya di tahun ini dan rasanya sangat menyenangkan”, ujar Ethan Hayter dilasir dari Cyclingnews.

Di Volta Catalunya lalu memang Ethan mendapatkan hasil yang kurang baik. Sebenarnya ia memulai etape pertama dengan cukup baik dengan finis di posisi ke-enam. Hingga di etape ke-dua sampai ke-enam posisinya kian menurun dan selalu finis diatas peringkat enam puluh, hingga puncaknya di etape ke-tujuh ia tertinggal hingga 82km dibelakang peloton.

Kemenangan di etape ke-satu Tour Basque Country tentunya membuat juara nasional Inggris itu mendapatkan kepercayaan dirinya kembali, dan bukan tidak mungkin cyclist berusia 24 tahun ini performanya akan semakin meningkat kedepanya.

“Kemenangan yang saya dapat tentu karena bantuan tim, Omar yang sudah berpengalaman di Basque Country berhasil membukakan jalan untuk saya, dan saya hanya perlu melakukan sprint 100m menuju finis dan meraih kemenangan”, tutup Ethan Hayter.(mainsepeda)

Hasil Etape 1 Tour Basque Country (Top Ten)

1. Ethan Hayter, Ineos Grenadiers, 4h 01' 14"
2. Mauro Schmid, Soudal–Quick-Step, + 4"
3. Jon Aberasturi, Trek–Segafredo, + 6"
4. Daniel Martínez, Ineos Grenadiers,  + 7"
5. Jonas Vingegaard, Team Jumbo–Visma,  + 8"
6. Marc Soler, UAE Team Emirates, + 9"
7. Cristián Rodríguez, Arkéa–Samsic, + 9"
8. Alex Aranburu, Movistar Team, + 10"
9. Orluis Aular, Caja Rural–Seguros,  + 10"
10. Richard Carapaz, EF Education–EasyPost, + 10"

General Classification Tour Basque Country (Top Ten)

1. HAYTER Ethan, INEOS Grenadiers,  25
2. SCHMID Mauro, Soudal - Quick Step, 20
3. ABERASTURI Jon, Trek - Segafredo, 16
4. ARANBURU Alex, Movistar Team, 14
5. AULAR Orluis, Caja Rural - Seguros RGA , 12
6. MARTÍNEZ Daniel Felipe, INEOS Grenadiers, 10
7. JUARISTI Txomin, Euskaltel - Euskadi, 10
8. CARAPAZ Richard, EF Education-EasyPost, 10
9. HERMANS Quinten, Alpecin-Deceuninck, 9
10. SERRANO Gonzalo, Movistar Team, 8


COMMENTS