Jasper Philipsen Juara Classic Brugge-De Panne 2023

Jasper Philipsen memperoleh berkah luar biasa pada Rabu (22/3) malam waktu Indonesia. Pembalap dari Belgia ini menjadi yang tercepat dalam Classic Brugge-De Panne 2023. Ia mengungguli Olav Kooij (Jumbo-Visma) dan Yves Lampert (Soudal-QuickStep).

Sesuai dengan namanya, Classic Brugge-De Panne membawa para pembalap melaju dari Brugge menuju wilayah tepi laut De Panne. Pada tahun ini, peleton menyelesaikan rute sepanjang 211 km. Jarak ini merupakan yang terpanjang dalam enam edisi terakhir.

Angin yang cukup kencang, konon mencapai 45km/jam, menjadi rintangan terberat yang dihadapi pembalap di etape ini. Ditambah hujan deras membuat para peserta basah kuyup sejak awal lomba.

Dalam balapan yang panjang itu, Philipsen berada di kelompok terdepan di 15 km menuju finis. Ia bersama Kooij, Lampert, dan Frederik Frison (Lotto Dstny). Sebelumnya, keempat pembalap ini bergabung dalam kelompok 18 pembalap yang terbentuk di tengah angin kencang dan hujan di Flanders Barat di sisa 63 km.

Keempat pembalap terdepan ini hanya terpaut 20 detik dari kelompok pengejar. Meski selisih waktu cukup tipis, keempatnya berhasil bertahan hingga kilometer terakhir. Frison menyerang lebih awal. Namun ia gagal menjadi yang tercepat.

Adu sprint tersebut berhasil dimenangkan Philipsen dengan catatan waktu 4 jam 38 menit 52 detik. Kooij dan Lampert finis kedua dan ketiga dengan catatan waktu yang sama. "Saya sangat bangga dengan kemenangan ini. Kami menjalani balapan yang hebat," kata Philipsen.

"Saya tahu pagi ini bahwa balapan tidak akan berakhir dengan sprint normal. Pada akhirnya, kami memiliki grup yang bagus dengan semua sprinter, termasuk saya, melihat peluang untuk pergi tepat sebelum rawa-rawa De Moeren. Kami berempat berhasil lolos," imbuhnya.

Itu adalah kemenangan ketiga Philipsen pada 2023. Sebelumnya, ia meraih dua kemenangan etape di Tirreno-Adriatico. Selain itu, Alpecin-Deceuninck juga memenangi Brugge-De Panne selama dua tahun beruntun. Pada musim lalu, skuad asal Belgia ini mengantarkan Tim Merlier sebagai juaga di event ini.

"Saya merasa sangat baik dan ingin balapan, jadi saya melakukannya. Kondisinya sangat sulit. Itu membuat balapan yang sangat sulit bagi semua orang," jelas Philipsen. (mainsepeda)

Hasil Classic Brugge-De Panne 2023 (Top Ten)
1. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Deceuninck 4 jam 38 menit 52 detik
2. Olav Kooij (Belanda), Jumbo-Visma +0
3. Yves Lampert (Belgia), Soudal-QuickStep +0
4. Frederik Frison (Belgia), Lotto-Dstny +1
5. Fabio Jakobsen (Belanda), Soudal-QuickStep +21
6. Jonas Rickaert (Belgia), Alpecin-Deceuninck +21
7. Cedric Beullens (Belgia), Lotto-Dstny +21
8. Stian Fredheim (Norwegia), Uno-X +21
9. Juan Sebastián Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +21
10. Marijn van den Berg (Belanda), EF Education-EasyPost +21

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 128

Foto: Getty Images


COMMENTS