Volta a Catalunya 2023: Ciccone Tumbangkan Roglic dan Evenepoel di Etape 2

Tidak ada kemenangan kedua beruntun untuk Primoz Roglic (Jumbo-Visma) di Volta a Catalunya 2023. Pembalap asal Slovenia tersebut dikalahkan Giulio Ciccone (Trek–Segafredo) dalam uphill sprint menuju Vallter 2000 pada Selasa (21/3). Meski kalah, Roglic masih bertengger di puncak General Classification (GC).

Etape 2 Volta a Catalunya 2023 memang menempuh jarak yang pendek. Cuma 165,4 km. Namun, para pembalap nanjak sejauh 15,1 km untuk mencapai garis finis di Vallter 2000. Tanjakan ini memiliki gradien rata-rata 6,7 persen. Dengan kemiringan maksimal 10,2 persen.

Memasuki ujung dari tanjakan yang panjang itu, terdapat tiga nama yang bersaing untuk menjadi pemenang di tahapan. Ada Ciccone, Roglic, serta Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep). Mereka berada di posisi terdepan di sisa 400 meter menuju finis.

Ciccone menyerang di sisa 50 meter. Ia diapit Evenepoel di sisi kiri dan Roglic di sisi kanan. Pembalap asal Italia itu menuntaskan aksinya dengan baik. Ia finis pertama dengan catatan waktu 4 jam 13 menit 37 detik. Roglic dan Evenepoel finis kedua dan ketiga dengan catatan waktu yang sama.

"Saya tidak tahu dari mana saya menemukan kekuatan untuk melakukan sprint terakhir di 50 meter terakhir," kata Ciccone seraya tertawa.

Hasil ini membuat Roglic dan Evenepoel sedikit kesal. "Kamu tahu, saat dua orang bersaing, ada orang lain yang mengambil kesempatan," ujar Roglic. "Itulah yang orang lain katakan. Dan kemudian dia (Ciccone) menang pada akhirnya!" imbuh leader tim Jumbo-Visma tersebut.

"Saya tidak tahu siapa yang terbaik di etape ini," keluh Evenepoel. "Saya melakukan pekerjaan paling banyak dalam beberapa kilometer terakhir," imbuhnya. Evenepoel memang berada di posisi terdepan di kilomete terakhir. Namun ia tercecer dalam sprint di 50 meter pemungkas itu.

"Saya pikir memulai sprint terlalu dini, yang menyebabkan banyak laktat di kaki selama 50 meter terakhir. Saya tidak memiliki akselerasi lagi. Saya pikir tiga yang terbaik tiba bersama hari ini," tutur juara dunia road 2022 ini.

Hasil Etape 2 mengubah komposisi pembalap di sepuluh besar GC. Meski demikian, Roglic dan Evenepoel masih berada di posisi pertama dan kedua. Sementara Ciccone naik ke peringkat ketiga. "Situasinya memang sulit. Tapi kami sudah ada di sana, sehingga kami pasti bisa bertarung untuk GC," tegas Ciccone.

Selanjutnya, para pembalap kembali disugugkan medan tanjakan di Etape 3, Rabu (22/3). Mereka berangkat dari Olost menuju puncak La Molina. Panjang rutenya 180,6 km. Selain nanjak di La Molina, peloton juga harus menaklukkan dua tanjakan lainnya, yakni Coll de Coubet dan Coll de la Creueta. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Volta a Catalunya 2023 (Top Ten)
1. Giulio Ciccone (Italia), Trek–Segafredo 4 jam 13 menit 37 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo–Visma +0
3. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal–QuickStep +0
4. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +11
5. Adam Yates (Britania Raya), UAE Team Emirates +11
6. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +11
7. Esteban Chaves (Kolombia), EF Education–EasyPost +15
8. Michael Woods (Kanada), Israel–Premier Tech     +15
9. Jai Hindley (Australia), Bora–Hansgrohe +15
10. Cian Uijtdebroeks (Belgia), Bora–Hansgrohe +15

General Classification usai 2 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo–Visma 8 jam 1 menit 38 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep +6
3. Giulio Ciccone (Italia), Trek–Segafredo +6
4. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain Victorious +27
5. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +27
6. Michael Woods (Kanada), Israel–Premier Tech     +31
7. Jai Hindley (Australia), Bora–Hansgrohe +31
8. Esteban Chaves (Kolombia), EF Education–EasyPost +31
9. Cian Uijtdebroeks (Belgia), Bora–Hansgrohe +41
10. Marc Soler (Spanyol), UAE Team Emirates +46

Foto: Getty Images


COMMENTS