Volta a Catalunya 2023: Roglic Kalahkan Evenepoel di Etape 1

Primoz Roglic dan Remco Evenepoel. Dua pembalap yang bersaing di La Vuelta a Espana 2022, berjumpa lagi di Volta a Catalunya 2023. Keduanya sama-sama memanfaatkan balapan ini sebagai persiapan menuju Giro d'Italia 2023 yang akan dimulai Mei mendatang.

Evenepoel berhasil mengalahkan Roglic pada La Vuelta tahun lalu. Pembalap asal Belgia tersebut merebut gelar Grand Tour pertama dalam karier profesionalnya. Roglic sendiri memang tampil kurang maksimal saat itu. Cedera punggung membuatnya angkat kaki sebelum dimulainya etape 17.

Sekarang Roglic sudah membaik. Masalah di punggungnya itu berangsur menghilang. Bahkan, rider asal Slovenia ini telah memulai musim 2023 dengan sempurna. Ia menjuarai Tirreno-Adriatico pada pertengahan bulan ini. Kini Roglic turun di Volta a Catalunya sebagai persiapan menuju Giro 2023.

Pesaing terberatnya masih Evenepoel. Serta Geraint Thomas dan Egan Bernal yang menjadi ujung tombak Ineos Grenadiers. Selain itu masih ada Richard Carapaz (EF Education-EasyPost), Jai Hindley (Bora-Hansgrohe), juga duo pembalap UAE Team Emirates, Adam Yates dan Joao Almeida.

Roglic mengawali kiprahnya di Volta a Catalunya 2023 dengan apik. Ia memenangi etape pembuka pada Senin (20/3) malam waktu Indonesia. Balapan berlangsung di rute sepanjang 164,5 km di Sant Feliu de Guixols, pusat wisata pantai sekaligus pelabuhan penting di Catalan.

Para pembalap harus menaklukkan empat tanjakan. Sebelum akhirnya uphill sprint sepanjang 800 meter di garis finis. Roglic menaklukkan etape pertama dengan catatan waktu 3 jam 48 menit 17 detik. Remco Evenepoel (Soudal-QuickStep) dan Ide Schelling (Bora Hansgrohe) berada tepat di belakangnya.

"Saya tahu saya bukan sprinter sejati. Tapi saya tahu saya bisa berjuang untuk kemenangan etape di sini. Kaki saya dalam kondisi bagus. Tentu saja Anda membutuhkan sedikit keberuntungan dalam sprint. Saya senang dengan hasilnya," kata Roglic selepas lomba.

Roglic menambahkan, kemenangan ini tidak lepas dari kerja sama dari rekan setimnya. Mereka menempatkan Roglic dalam posisi yang tepat di beberapa kilometer terakhir untuk melakukan sprint. "Tanpa mereka, hasil ini tidak akan mungkin terjadi," katanya.

Sementara itu, Remco Evenepoel tampak antusias karena kembali bersaing dengan Roglic. Menurut juara dunia road 2022 itu, mereka memiliki kekuatan seimbang. "Ini pertama kalinya saya sprint melawan Primoz. Kami memiliki kecepatan yang cukup seimbang," katanya.

Selanjutnya, Etape 2 akan dimulai dari Mataro menuju puncak Vallter. Panjang rutenya 165,4 km. Peserta harus nanjak sejauh 15,1 km untuk mencapai garis finis di Vallter. Tanjakan ini memiliki gradien rata-rata 6,7 persen. (mainsepeda) 

Hasil Etape 1 Volta a Catalunya 2023 (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo–Visma 3 jam 48 menit 17 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep +0
3. Ide Schelling (Belanda), Bora Hansgrohe +0
4. Maxim van Gils (Belgia), Lotto–Dstny +0
5. Giulio Ciccone (Italia), Trek–Segafredo +0
6. Ethan Hayter (Britania Raya), Ineos Grenadiers +0
7. Dorian Godon (Prancis), AG2R Citroen +0
8. Ilan van Wilder (Belgia), Soudal–QuickStep +0
9. Milan Menten (Belgia), Lotto–Dstny +0
10. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis +0

General Classification usai 1 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo–Visma 3 jam 48 menit 7 detik
2. Remco Evenepoel (Belgia), Soudal-QuickStep +4
3. Ide Schelling (Belanda), Bora Hansgrohe +6
4. Maxim van Gils (Belgia), Lotto–Dstny +10
5. Giulio Ciccone (Italia), Trek–Segafredo +10
6. Ethan Hayter (Britania Raya), Ineos Grenadiers +10
7. Dorian Godon (Prancis), AG2R Citroen +10
8. Ilan van Wilder (Belgia), Soudal–QuickStep +10
9. Milan Menten (Belgia), Lotto–Dstny +10
10. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis +10

Foto: Getty Images


COMMENTS