Paris-Nice 2023: Pogacar Kalahkan Vingegaard dan Rebut Jersey Kuning

Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) berjaya di Etape 4 Paris-Nice 2023. Pembalap asal Slovenia itu finis pertama di puncak La Loge des Gardes pada Rabu (8/3) malam waktu Indonesia. Pogacar berhasil membuat rival terkuatnya, Jonas Vingegaard asal tim Jumbo-Visma, tidak berkutik di tahapan ini.

Etape 4 menghadirkan mountain stage pertama di Paris-Nice 2023. Peloton berangkat dari Saint-Amand-Montrond di kawasan Centre-Val de Loire. Kemudian mereka harus mendaki menuju puncak La Loge des Gardes. Panjang rutenya 164,7 km. La Loge des Gardes merupakan tanjakan Kategori 1. Panjangnya 6,8 km dengan gradien rata-rata 7 persen.

Semula, lomba dikuasai oleh sekelompok pembalap. Mereka terdiri dari Lilian Calmejane (Intermarché-Circus-Wanty), Maurice Ballerstedt (Alpecin-Deceuninck), Anders Skaarseth (Uno X-Pro), Pascal Eenkhoorn (Lotto-Dstny), Larry Warbasse (AG2R-Citroen), Hugo Houle (Israel-Premier Tech), dan Jonas Gregaard (Uno-X-Pro).

Mereka baru tertangkap peloton ketika tengah berancang-ancang nanjak di La Loge des Gardes di sisa 14 km. Persaingan antara Pogacar dengan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) terjadi di La Loge des Gardes. Sayang, akhir persaingan ini tidak seseru yang dihadapkan.

Vingegaard memang sempat menyerang di sisa 4,2 km. Yang kemudian disusul Pogacar. Namun keduanya dengan cepat ditangkap kelompok pengejar. Pogacar berakselerasi lagi di sisa 2,3 km. Ia mengejar Davide Gaudu (Groupama-FDJ) yang berada sedirian di depan sejak 3,6 km menuju finis. Kali ini Vingegaard tidak dapat menjangkau rivalnya itu.

Pogacar tak hanya memberikan mimpi buruk untuk Vingegaard. Tapi ia juga memberikan bencana kepada Gaudu. Kemenangan yang sudah lama diidam-idamkan oleh pembalap asal Prancis itu, akhirnya pupus di 1,4 km menjelang finis. Pogacar menang dengan catatan waktu 4 jam 1 menit 17 detik.

Gaudu finis kedua dengan selisih hanya satu detik. Sedangkan tempat ketiga dihuni pembalap asal Swiss Gino Mader (Bahrain Victorious) dengan gap 34 detik. Vingegaard yang sempat bersaing ketat dengan Pogacar, finis keenam dengan selisih 43 detik. 

"Saya sedikit (terkejut)," kata Pogacar soal Vingegaard yang gagal mengimbanginya di tahapan ini.

"Pertama ia melakukan serangan dan mengira sangat hebat. Tteapi saya tidak membalas. Saya lebih memilih menunggu. Pada akhirnya itu sangat sulit. Saya pikir ia hanya sedikit meleset untuk mengejar saya. Kemudian ia tidak bisa menutup celah di antara kami," jabar pembalap asal Slovenia itu.

Kemenangan di etape 4 mengantarkan Pogacar ke puncak General Classification (GC) sekaligus merebut jersey kuning. "Sebenarnya saya tidak berencana untuk merebut jersey kuning di etape ini. Tapi Anda tidak bisa menolak jersey kuning ini. Jadi saya sangat senang," beber Pogacar.

Berikutnya, para pembalap harus melahap rute sepanjang 212,4 km di Etape 5. Balapan dimulai dari Saint-Symphorien-sur-Coise dan berakhir di Saint-Paul-Trois-Chateaux. Balapan akan dibuka dengan tiga tanjakan di awal lomba. Kemudian peloton akan nanjak lagi di 30 km menjelang finis. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Paris-Nice 2023 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 4 jam 1 menit 17 detik
2. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +1
3. Gino Mader (Swiss), Bahrain Victorious +34
4. Aurelien Paret-Peintre (Prancis), AG2R Citroen +42
5. Kevin Vauquelin (Prancis), Arkea-Samsic +43
6. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +43
7. Romain Bardet (Prancis), Team DSM     +51
8. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +51
9. Simon Yates (Britania Raya), Team Jayco-AlUla +51
10. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +51

General Classification usai 4 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 11 jam 55 menit
2. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +10
3. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +44
4. Simon Yates (Britania Raya), Team Jayco-AlUla +56
5. Gino Mader (Swiss), Bahrain Victorious +1:19
6. Romain Bardet (Prancis), Team DSM     +1:40
7. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +1:40
8. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +1:42
9. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +1:44
10. Matteo Sobrero (Italia), Team Jayco-AlUla +1:54

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 127

Foto: Getty Images, ASO


COMMENTS