Paris-Nice 2023: Jumbo-Visma Menang TTT di Etape 3

Sekali lagi, Jumbo-Visma menunjukkan kehebatan mereka dalam time trial. Skuad asal Belanda tersebut menang Team Time Trial (TTT) di Etape 3 Paris-Nice 2023 pada Selasa (7/3). Performa hebat mereka di tahapan ini mengingatkan kita akan penampilan hebat Jumbo-Visma di balapan TTT di etape pembuka La Vuelta a Espana 2022 lalu.

Berlangsung Selasa malam waktu Indonesia, balapan TTT di Etape 3 ini dilaksanakan di rute sepanjang 32,2 km di Dampierre-en-Burly. Jumbo-Visma menunjukkan performa yanhg luar biasa. Tim yang identik dengan warna kuning-hitam itu finis dengan catatan waktu 33 menit 55 detik.

Tim Jumbo-Visma diperkuat Jan Tratnik, Jonas Vingegaard, Nathan van Hooydonck, Tobias Foss, Rohan Dennis, Edoardo Affini, dan Olav Kooij. Komposisi tersebut memang mentereng. Ada Foss yang menjadi juara dunia time trial 2022. Serta Dennis yang pernah menjadi juara dunia time trial dua kali.

"Rasanya luar biasa karena kami memiliki para pembalap kuat di sekitar saya. Anda bisa melihatnya di tahapan seperti ini. Kami berusaha tetap bersama sebanyak mungkin yang kami bisa," ucap Vineggaard dalam laman resmi tim.

Jumbo-Visma finis pertama usai mengungguli EF Education-EasyPost dengan selisih yang sangat tipis. Hanya satu detik. Skuad asal Amerika Serikat tersebut diperkuat. Magnus Cort, Neilson Powless, Stefan Bissegger, Owain Doull, Thomas Scully, Marijn van den Berg, dan Andrea Piccolo.

Sedangkan Team Jayco-AlUla menempati peringkat ketiga dengan selisih empat detik atas Jumb-Visma. Jayco-AlUla diperkuat Simon Yates, Michael Matthews, Kelland O'Brien, Matteo Sobrero, Luke Durbridge, Lucas Hamilton, dan Chris Harper.

Hasil Etape 3 mengubah hampir keseluruhan posisi pembalap yang berada di sepuluh besar tabel General Classification (GC). Vingegaard yang menjadi leader tim Jumbo-Visma di event ini, mulai memasuki peringkat sepuluh besar. Pembalap asal Denmark itu duduk di peringkat kelima.

"Meskipun kami tidak dapat berlatih TTT sesering yang kami inginkan. Namun, Anda dapat mengatakan bahwa kami menguasai disiplin ini. Kami memberikan segalanya untuk mengamankan posisi yang solid di GC," tegas Vingegaard.

Sementara itu, Magnus Cort (EF Education-EasyPost) mengambil alih puncak GC sekaligus merebut jersey kuning. Cort terpaut satu detik dari Nathan van Hooydonck (Jumbo-Visma). Serta selisih tiga detik dari veteran Australia Michael Matthews (Team Jayco-AlUla). "Yang pasti saya sangat senang dengan jersey kuning ini," ucap Cort.

Selanjutnya, Paris-Nice 2023 akan memasuki mountain stage di Etape 4 pada Rabu (8/3). Para pembalap bertolak dari Saint-Amand-Montrond menuju puncak La Loge des Gardes. Panjang rutenya 164,7 km. La Loge des Gardes merupakan tanjakan Kategori 1. Panjangnya 6,8 km dengan gradien tertinggi 8,2 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Paris-Nice 2023 (Top Ten)
1. Jumbo-Visma 33 menit 55 detik
2. EF Education-EasyPost +1
3. Team Jayco-AlUla +4
4. Groupama-FDJ +14
5. UAE Team Emirates +23
6. Bora-Hansgrohe +25
7. Soudal Quick-Step +39
8. Trek-Segafredo +45
9. Bahrain Victorious +47
10. Ineos Grenadiers +48

General Classification usai 3 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Magnus Cort (Denmark), EF Education-EasyPost 7 jam 53 menit 41 detik
2. Nathan Van Hooydonck (Belgia), Jumbo-Visma +1
3. Michael Matthews (Australia), Team Jayco-AlUla +3
4. Jan Tratnik (Slovenia), Jumbo-Visma +3
5. Jonas Vingegaard (Demark), Jumbo-Visma +3
6. Simon Yates (britania Raya), Team Jayco-AlUla +7
7. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Education-EasyPost +8
8. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +8
9. Kelland O'Brien (Australia), Team Jayco-AlUla +11
10. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +14

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Jumbo-Visma


COMMENTS